Penjara di Honduras Jadi Arena Gladiator, 16 Napi Tewas

| 23 Dec 2019 16:35
Penjara di Honduras Jadi Arena Gladiator, 16 Napi Tewas
Ilustrasi (Claudio_Scott/Pixabay)
Honduras, era.id - Sebanyak 16 narapidana di Penjara Honduras tewas dalam perkelahian antara gerombolan tahanan bersenjata pada Minggu (23/12). Menurut pejabat setempat, ini merupakan kekerasan kedua yang menghantam penjara Honduras dalam beberapa hari terakhir.

Peristiwa itu terjadi di penjara El Porvenir di Honduras, sekitar 70 kilometer di sebelah timur ibu kota di sebuah penjara di kota pelabuhan utara Tela, demikian seperti dikutip Antara, Senin (23/12/2019).

Perkelahian di penjara yang penuh sesak di negara Amerika Tengah itu biasa terjadi ketika geng jalanan yang dikenal sebagai maras bersaing untuk menguasai mereka.

Pekan lalu, pemerintah menyatakan keadaan darurat dalam sistem penjara. Pemerintah kemudian memindahkan kendali kepada pasukan militer dan polisi dalam upaya untuk memerangi gelombang kekerasan yang menyerang lembaga-lembaga pemasyarakatan yang menampung hampir 22.000 narapidana.

Menurut Kolonel Jose Gonzalez, seorang pejabat sistem pidana senior, jumlah narapidana tewas akibat perkelahian geng penjara pada Minggu mencapai 16 orang. Sedangkan dua tahanan lainnya mengalami luka-luka.

"Orang mati dan terluka diserang dengan peluru dan senjata tajam," kata Letnan Antonio Coello, juru bicara keamanan.

Sejak Oktober, setidaknya ada lima baku-tembak di penjara-penjara Honduras.

Tags : kriminalitas
Rekomendasi