Waspada Hujan Lebat Sepekan ke Depan

| 12 Jan 2020 07:42
Waspada Hujan Lebat Sepekan ke Depan
Ilustrasi (Alicja/Pixabay)
Jakarta, era.id - BMKG meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat dalam sepekan ke depan. Potensi hujan lebat diprediksi masih akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

"Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan masih adanya potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia untuk sepekan ke depan. Hasil analisis dinamika atmosfer menunjukkan MJO (maden julian oscilation) masih berada di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur yang mendukung peningkatan konsentrasi curah hujan, fenomena gelombang tropis yakni Kelvin Wave dan Rossby Ekuatorial berkontribusi signifikan pada pembentukan pola siklonik dan pertemuan angin yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera dan Kalimantan," ujar Deputi Bidang Meteorologi, R Mulyono R. Prabowo dalam keterangan, Minggu, (12/1/2020).

Untuk wilayah Jabodetabek, kondisi hujan pada kisaran intensitas ringan pada periode tanggal 12-14 Januari 2020. Kemudian, menurutnya, BMKG memprediksi akan terjadi peningkatan intersitas hujan di wilayah Jabotadebek pada periode tanggal 15-18 Januari 2020.

"Tanggal 15-18 Januari 2020, diidentifikasi terjadi peningkatan potensi hujan di periode ini dengan variasi intensitas hujan ringan hingga lebat terutama pada dini hari menjelang pagi terutama di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Tangerang, dan sebagian Bogor. Kondisi hujan signifikan dapat terjadi kembali pada sore menjelang malam dan dini hari," sambungnya.

Untuk itu, Mulyono meminta waspada terhadap potensi munculnya dampak akibat peningkatan potensi hujan tersebut. Ia menambahkan potensi itu antara lain, banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada," ucapnya.

Rekomendasi