Kisah Delta Airlines 'Kencing' di Langit Los Angeles

| 16 Jan 2020 12:57
Kisah Delta Airlines 'Kencing' di Langit Los Angeles
Airbus A319-100 milik Delta Air Lines di landasan di LAX di Los Angeles, California, Amerika Serikat (Foto: ANTARA/REUTERS/LUCY NICHOLSON/tm)
Los Angeles, era.id - Ada sebuah insiden di balik peristiwa pendaratan darurat Delta Air Lines di langit Los Angeles, Rabu (15/1/2020). Pesawat itu membuang bahan bakarnya di udara meski tak ada perintah dari Federal Aviation Administrasi (FAA).

Bisa dibayangkan bagaimana rasanya kita yang ada di bawah ketumpahan bahan bakar pesawat. Bahan bakar pesawat dengan nomor penerbangan 89 itu  mengenai beberapa sekolah di suatu daerah di Los Angeles hingga menyebabkan cedera ringan pada anak-anak sekolah.

"Berdasarkan komunikasi kontrol lalu lintas udara kemarin, menunjukkan kru Delta Flight 89 tidak memberi tahu pengawas lalu lintas udara bahwa mereka harus membuang bahan bakar," kata FAA. 

"Dalam situasi darurat ini, prosedur pembuangan bahan bakar tidak dilakukan pada ketinggian optimal yang memungkinkan bahan bakar untuk melakukan atomisasi (proses pemecahan cairan menjadi semburan halus) dengan benar," lanjut FAA seperti dilansir dari Antara yang mengutip Reuters.

Pesawat Delta Air Lines berbalik arah untuk pendaratan darurat di Bandara Internasional Los Angeles setelah tinggal landas menuju Shanghai, China. Pesawat kemudian  membuang bahan bakar di taman bermain milik sedikitnya empat sekolah dasar di jalur penerbangannya. 

44 anak-anak dan orang dewasa yang berada di bawahnya mengalami cedera ringan, laporan Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles di Twitter. Beruntung, tak satu pun dari anak-anak atau orang dewasa yang memerlukan rawat inap.

Sebelum melakukan pendaratan darurat, pesawat sering membuang bahan bakar untuk mengurangi berat karena alasan keamanan. FAA bilang, kru udara biasanya akan memberi tahu pengendali lalu lintas udara saat keadaan darurat dan menunjukkan perlunya membuang bahan bakar. Petugas pengendali kemudian akan mengarahkan kru ke area pembuangan bahan bakar yang sesuai.

FAA mengatakan akan terus menyelidiki keadaan di balik insiden itu. The Los Angeles Times memperoleh audio dari percakapan itu, mengutip pengontrol yang menanyakan kepada pilot Delta tentang bahan bakar.

"Oke, jadi Anda tidak perlu menahan untuk membuang bahan bakar atau semacamnya?" tanya petugas. 

Pilot itu menjawab, "Tidak."

 

Rekomendasi