Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia, Garuda Indonesia Bikin Bangga

| 13 Jan 2023 17:05
Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia, Garuda Indonesia Bikin Bangga
Maskapai paling tepat waktu di dunia (Unsplash)

ERA.idGaruda Indonesia menorehkan prestasi membanggakan lantaran masuk dalam daftar  maskapai paling tepat waktu di dunia versi OAG Punctuality League.

Perlu diketahui, karena pembatasan pandemi Covid dilonggarkan dan maskapai penerbangan membangun kembali kapasitas penerbangan, kinerja maskapai penerbangan dunia kembali berada di bawah pengawasan para analis dan penumpang.

Jadi, maskapai penerbangan mana yang membuat orang berkeliling dunia tepat waktu? Dan maskapai mana yang tertinggal di langit?

Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia Versi OAG

Dilansir dari bloomberg, maskapai penerbangan global yang paling tepat waktu pada tahun 2022 adalah Garuda Indonesia.

Menurut analisis terbaru oleh penyedia data perjalanan OAG, Garuda Indonesia memperoleh skor 95,63% datang tepat waktu. Namun, keseluruhan operasi jauh lebih rendah dari tingkat 2019, dengan hanya 25% penerbangan yang terbang tepat waktu.

Jepang mendominasi  maskapai paling tepat waktu di dunia (Unsplash) 

Sementara itu, ada maskapai penerbangan berbiaya rendah Afrika Selatan Safair dan Eurowings Jerman menempati posisi kedua dan ketiga dalam Liga Ketepatan Waktu, dengan kinerja tepat waktu masing-masing 95,3% dan 95,26%.

Namun yang mengejutkan adalah Eurowings yang menempati posisi terburuk dalam 20 besar dalam hal pembatalan, dengan 3,49% penerbangan dibatalkan.

OAG sendiri memberikan disclaimer, yaitu dari 250 maskapai penerbangan global terbesar berdasarkan Kilometer Kursi Tersedia tahunan. Safair tidak diperingkat pada tahun 2019.

Selain itu, kinerja tepat waktu tersebut dengan menghitung penerbangan yang tiba atau berangkat dalam waktu 15 menit dari waktu yang dijadwalkan, dengan pembatalan dihitung sebagai penerbangan yang terlambat.

Hanya Ada Satu Penerbangan AS yang Masuk 20 Besar

Hanya satu maskapai penerbangan AS yang masuk 20 besar yaitu Delta Airlines di posisi ke-17 dengan 81,79% penerbangan tepat waktu dan tingkat pembatalan 1,94%. Tidak ada maskapai penerbangan besar Eropa yang masuk dalam peringkat ini setelah musim panas dengan gangguan dan penundaan yang meluas.

Kemudian Jepang mendominasi daftar bandara paling tepat waktu di dunia, mengambil 10 dari 20 tempat teratas. Osaka International menempati posisi teratas, dengan 91,45% penerbangan pada tahun 2022 tiba tepat waktu. Tidak ada bandara Amerika Utara atau Eropa yang masuk dalam daftar.

"Kinerja tepat waktu global mencapai tingkat yang terakhir terlihat sebelum pandemi karena operator bekerja untuk mengurangi tekanan operasional dan penundaan," kata John Grant, kepala analis di OAG.

"Keyakinan dalam pemulihan perjalanan semakin meningkat dengan maskapai penerbangan yang melakukan pemesanan pesawat baru, rute baru diumumkan dan tantangan tenaga kerja tampaknya mereda." jelasnya.

Amerika memimpin untuk bandara

Sementara itu, menurut data CNN, Amerika Serikat juga terwakili dengan baik, baik untuk maskapai penerbangan maupun bandara.

Selama dua tahun berturut-turut, Delta Airlines diberi Penghargaan Cirium Platinum untuk keunggulan operasional global, dengan menimbang ketepatan waktu bersama dengan kompleksitas operasional dan kemampuan maskapai penerbangan untuk membatasi dampak gangguan penerbangan kepada penumpangnya.

Meskipun Delta hanya menempati posisi kelima di papan peringkat global, namun 83,63% dari lebih dari satu juta penerbangannya tepat waktu.

Kemudian ada United Airlines (80,46%) berada di tempat kedelapan dan American Airlines (78,29%) di No.10, sementara Southwest tertinggal di belakang dengan 74,06%.

Enam dari sepuluh bandara paling tepat waktu di dunia berada di AS, dengan Bandara Internasional Salt Lake City menempati posisi tertinggi. Cirium melaporkan bahwa 83,87% dari 226.545 penerbangannya lepas landas dalam waktu 15 menit dari waktu keberangkatan yang dijadwalkan.

Selain  maskapai paling tepat waktu di dunia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi