Pneumonia Misterius di Wuhan Telan Korban Kedua

| 17 Jan 2020 14:03
Pneumonia Misterius di Wuhan Telan Korban Kedua
Ilustrasi (Insider)

Jakarta, era.id - Wabah pneumonia misterius di Wuhan, China, menelan korban meninggal kedua, yakni laki-laki berusia 69 tahun.

"Pasien tersebut dibawa ke rumah sakit dengan kondisi fungsi ginjal yang tidak normal serta kerusakan parah pada berbagai organ hingga akhirnya meninggal dunia pada Rabu (15/1)," jelas Dinas Kesehatan Kota Wuhan seperti dikutip dari Guardian, Jumat(17/1/2020).

Pemerintah kota Wuhan telah melaporkan korban kasus pneumonia 41 orang. Hasil tes laboratorium awal yang dikutip oleh media pemerintah menunjukkan kemungkinan besar itu disebabkan oleh jenis baru dari virus korona. Jenis ini adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan infeksi mulai dari flu biasa hingga mematikan severe acute respiratory syndrome (SARS).

Jepang mengonfirmasi seorang pria berusia 30-an telah terinfeksi virus tersebut pada Kamis (16/1/2020). Sedangkan sebelumnya, seorang wanita China dikarantina di Thailand dengan virus korona. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan kemungkinan wabah akan menyebar lebih luas ke negara lain.

Sejauh ini, terdapat total 41 kasus pneumonia yang telah dilaporkan terjadi di Wuhan. Menurut uji laboratorium awal, yang dikutip dari media negara, wabah itu disebabkan oleh virus Korona jenis baru, yang secara umum bisa menyebabkan infeksi, mulai dari demam biasa hingga SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome).

Sekitar 763 orang di Wuhan juga menjalani observasi setelah melakukan kontak langsung dengan pasien pneumonia. Sebanyak 644 orang di antara mereka telah diizinkan pulang sementara 119 orang lainnya masih diawasi.

Kematian pertama yang dikonfirmasi adalah seorang pria berusia 61 tahun di Wuhan yang meninggal karena pneumonia setelah dites positif terkena virus pada Sabtu (11/1). Wabah itu terjadi menjelang liburan tahun baru bulan di akhir Januari. 

Tags : covid-19 Wuhan
Rekomendasi