Kemlu Siapkan Tim Evakuasi WNI di Wuhan

Tim Editor

Ilustrasi (BBC)

Jakarta, era.id - Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) mengatakan pemerintah terus mematangkan opsi mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, yang masih terisolasi terkait wabah virus Korona.

"Pemerintah terus mematangkan opsi mengeluarkan WNI kita dari sana seraya memastikan kesiapan tim yang nantinya akan bertugas," kata Plt Jubir Kemlu, Teuku Faizasyah, kepada wartawan, Rabu (29/1).

Kemenlu juga membenarkan pernyataan Presiden yang bilang evakuasi sulit dilakukan karena Wuhan diisolasi Pemerintah China. Kemenlu kini terus mengusahakan evakuasi sekitar 200-an WNI dari Provinsi Hubei.

"Benar apa yang disampaikan Bapak Presiden bahwa Provinsi Hubei masih diisolasi. Sementara status isolasi berlangsung," ucapnya.

Informasi yang dihimpun, dalam waktu dekat Kemenlu dibantu TNI dan Kemenkes akan mengevakuasi WNI di Hubei menggunakan pesawat Airbus A-330 sewaan.

"Akan dibentuk Task Force Evakuasi, dengan leading sector dari Kemenlu," ujar sumber di kalangan Kemenlu.

Paling cepat, evakuasi akan dilakukan Sabtu ini dengan rute bandara Halim Perdanakusuma-Wuhan- Halim Perdanakusuma.

Nantinya, para WNI dari Wuhan juga bakal dikarantina dulu di Asrama Haji Pondok Gede sebelum pulang ke rumahnya masing-masing.

Tag: kemlu

Bagikan: