Saling Serang Turki-Suriah, Puluhan Tentara Tewas

Tim Editor

Pasukan Turki (Aljazeera)

Jakarta, era.id - Hubungan Turki dan Suriah memanas setelah baku tembak pada Senin (3/2/2020) terjadi di Idlib, Suriah dan menewaskan 4 tentara Turki. Tak lama setelahnya, Turki melancarkan serangan udara ke Idlib, puluhan tentara Suriah dilaporkan tewas dalam serangan tersebut.

Pasukan rezim Suriah yang didukung oleh Rusia, baru-baru ini menerobos masuk ke wilayah perbatasan Suriah-Turki yang dikuasai para gerilyawan pemberontak Suriah.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan militernya tengah menggelar operasi untuk membalas kematian 4 tentaranya.

"Ada operasi yang sedang berlangsung saat ini dan berdasarkan laporan awal 30 hingga 35 tentara Suriah dinetralkan," kata Erdogan, dikutip dari Al Jazeera, Senin (3/2/2020).

Lebih lanjut, Erdogan meminta Rusia untuk tidak mencampuri urusan ini. Diketahui, Rusia merupakan sekutu dekat Presiden Bashar Al Assad, namun di sisi lain negara itu juga punya hubungan erat dengan Turki.

"Saya ingin secara khusus memberi tahu pihak berwenang Rusia bahwa teman bicara kami di sini bukan Anda, melainkan rezim (Suriah) dan jangan halangi kami," ujar Erdogan.

Tag: konflik suriah

Bagikan: