Warga Batan Indah Simpan Radioaktif Cs-137 di Dalam Rumah

Tim Editor

Tim Bapeten (Dok. Bapeten)

Jakarta, era.id - Polisi dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mengungkap adanya rumah warga Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan yang menyimpan beberapa sumber radioaktif atau bagian dari sumber radioaktif secara tidak sah.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu ditemukan limbah radioaktif jenis Cs-137 di lingkungan Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan. Sumber radioaktif tersebut di antaranya berjenis Cs-137 dan ada beberapa jenis radioaktif lainnya.

"Bareskrim Polri bersama dengan Bapeten melakukan olah TKP dan telah mengamankan barang bukti yang ditemukan di rumah warga tersebut. Polisi juga memasang police line di rumah tersebut untuk kepentingan penyidikan. Pihak kepolisian sampai saat keterangan ini dirilis, sedang mengumpulkan keterangan dari warga pemilik rumah tersebut," ujar Kepala Biro Hukum, Kerja Sama dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan, Senin (24/2/2020).


Lokasi Penemuan Radioaktif di Rumah Warga (IST)

Pemilik rumah berinisial SM kini telah diamankan polisi dari Bareskrim Polri, sedangkan rumahnya juga telah diperiksa oleh tim dari tim Detasemen KBR (Kimia, Biologi, dan Radioaktif), Bapeten dan BATAN. Pengungkapan ini merupakan titik terang atas kasus ditemukannya limbah radioaktif Cs-137 pada akhir Januari 2020 di lahan kosong di bagian depan perumahan Batan Indah.

Tag: nuklir iran

Bagikan: