Santainya Menkes Hadapi Dua Kasus Perdana COVID-19 di Tanah Air

Tim Editor

Menkes Terawan Agus Putranto (Diah Ayu/era.id)

Jakarta, era.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus terlihat santai meski baru saja menjenguk dua pasien positif tertular COVID-19 di RSPI Sulianti Saroso, Senin (2/3/2020). Ia mengisyaratkan kedua pasien --ibu dan anak asal Depok, Jawa Barat-- itu dalam kondisi stabil cenderung membaik.

"Ndak ada demam, ndak ada sesak, ndak ada apa-apa. Makan, komunikasi juga baik. Menurut saya dalam kondisi sehat lah. Paling batuk sedikit saja," ungkap Terawan.

Demikian pula saat ada salah seorang pewarta yang mengonfirmasi inisial nama dua orang pasien positif COVID-19 yang diduga berinisial NT dan NW.

"Opo MT? NT? NT bahasa Betawi ente hahaha.. Kita selalu, bahwa pasien itu nama dan sebagainya enggak boleh lah sembarangan diumbar," tegas Terawan.

Selain bercanda, Terawan juga kerap berpesan agar warga berdoa supaya terhindar dari virus korona baru ini. Menurutnya, selain medis, cara lain melawan virus korona adalah dengan berdoa.

"Berjuang bersama-sama, kita lawan itu (virus) korona dengan berdoa. Kita andalkan Yang Maha Kuasa, tapi kita terus berikhtiar sesuai bidang kita masing-masing," katanya.

Terawan mengatakan saat ini pasien telah ditangani dengan maksimal sesuai simulasi standar WHO. Mantan Direktur RSPAD Gatot Soebroto ini juga bilang virus SARS-COV-2 tak seganas SARS dan Flu Burung.

"Ini kan dengan mortality lebih rendah, dua persen atau kurang tergantung daerahnya," katanya.


 

Tag: covid-19 di indonesia

Bagikan: