Supermoon Bakal Hiasi Langit Indonesia Malam ini

| 09 Mar 2020 18:18
<i>Supermoon</i> Bakal Hiasi Langit Indonesia Malam ini
Ilustrasi Supermoon (Vinicius ZERO/Pixabay )
Jakarta, era.id - Supermoon atau dikenal dengan sebutan Super Worm Moon akan bisa disaksikan di seluruh dunia pada malam ini, Senin (9/3/2020). Fenomena alam itu terjadi ketika bulan berada dalam jarak 90 persen dari perigee, atau pendekatan terdekatnya dengan Bumi di orbit.

Saat supermoon terjadi, Bulan akan tampak lebih terang dan besar di langit malam dan tidak ada awan atau cuaca buruk yang bisa mengaburkan pandangan.

Dilansir Cnet, Almanac Old Farmers menyebut Bulan akan mencapai puncak kepenuhan pada pukul 10:48 pagi PT (waktu setempat) pada Senin (9/3/2020), dan kemudian akan berada di perigee pada Senin pukul 11:31 malam PT (waktu setempat).

Tetapi jika kamu tidak berencana untuk bangun pada jam itu, kamu punya slot waktu lain untuk dilihat. Bulan akan muncul penuh dari Minggu sampai Selasa malam (waktu setempat).

Bulan Purnama diberikan nama panggilan sesuai dengan Bulan terjadinya. Banyak julukan Bulan Purnama pada Maret ini, seperti yang digunakan dalam Almanac Old Farmers, termasuk Worm Moon (Bulan cacing) yang terdengar bernuansa Halloween dilengkapi dengan gambaran Burung Gagaknya.

 

Almanac melaporkan bahwa nama panggilan Worm Moon datang dari fakta bahwa di banyak bagian AS, Maret adalah ketika tanah melunak sehingga cacing tanah mulai muncul kembali. Itu mendorong burung keluar untuk menyantapnya.

Selain itu, bulan tersebut juga biasa dipanggil dengan nama lain, termasuk bulan gagak, bulan kerak, bulan getah, bulan prapaskah, dan bulan gula. Sebagian besar untuk menandai kedatangan musim semi. 

Biasanya supermoon hadir setiap satu tahun sekali. Tetapi pada tahun 2020, tepatnya di bulan Oktober akan ada dua Bulan Purnama yakni pada tanggal 1 Oktober dan 31 Oktober. Dua Bulan Purnama ini dikenal sebagai "Bulan Biru". 

Selain itu, ada tiga fenomena Bulan Purnama lain yakni Super Worm Moon (9 Maret), Super Pink Moon (8 April), dan Super Flower Moon (7 Mei). 

Bulan Purnama berikutnya setelah Senin malam ini adalah Supermoon yang akan terjadi pada 7 April. Supermoon terakhir terjadi sebulan lalu, selama akhir pekan 9 Februari lalu.

Tags : fenomena alam
Rekomendasi