Super Blue Moon 2023 Kapan? Saksikan di Tanggal dan Jam Ini

| 30 Aug 2023 19:35
Super Blue Moon 2023 Kapan? Saksikan di Tanggal dan Jam Ini
Ilustrasi super blue moon (Unsplash)

ERA.id - Super blue moon 2023 kapan terjadi? Fenomena astronomi ini akan berlangsung pada Rabu 30 dan Kamis 31 Agustus ini. Bulan purnama ini menjadi kedua kalinya di bulan Agustus yang sebelumnya juga pernah terjadi pada tanggal 1. 

Super blue moon menjadi salah satu fenomena langka yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Fenomena bulan purnama istimewa ini hanya muncul setiap sepuluh tahun sekali, bahkan kadang bisa dalam interval dua puluh tahun. Lantas kapan super blue moon berlangsung di Indonesia dan bagaimana cara menyaksikannya?

Apa Itu Super Blue Moon?

Super blue moon adalah salah satu jenis atau penamaan bagi fenomena bulan purnama. Penamaan ini diberikan oleh negara-negara barat. Meski ada kata ‘blue’, namun cahaya bulan tidak berubah atau menampakkan warna biru. 

Fenomena Bulan purnama blue moon terjadi ketika jarak Bulan berada lebih dekat dengan Bumi. Fenomena astronomi ini akan membuat Bulan terlihat lebih besar dan lebih terang dari biasanya. Dibandingkan Bulan purnama biasa, ukuran Bulan super blue moon akan tampak lebih besar sekitar 7 persen.

Berdasarkan penjelasan NASA, fenomena ini disebut blue moon karena merupakan Bulan purnama penuh ketiga yang terjadi pada satu musim dengan empat Bulan purnama. Blue moon merupakan supermoon atau Bulan purnama sempurna karena bertepatan dengan perigee atau titik orbit saat posisi Bulan berada paling dekat dengan Bumi. 

Ilustrasi super blue moon (Pexels)

Super Blue Moon di Indonesia Kapan?

Fenomena super blue moon bakal menghiasi langit Indonesia dan bisa dilihat masyarakat tanah air pada akhir bulan atau Kamis 31 Agustus. Super blue moon kali ini akan menjadi supermoon paling terang selama tahun 2023, dilansir dari laman Live Science. 

Sinar terang akan ditampakkan super blue moon kali ini karena bulan berjarak 222.043 mil atau setara 357.344 Km dari Bumi. Jarak ini lebih dekat dibandingkan fenoma Sturgeon Moon yang terjadi pada 1 Agustus 2023 lalu. 

Berdasarkan informasi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Fenomena blue moon akan terjadi puncaknya di waktu:

  • 31 Agustus 2023 - 20.35 WIB
  • 31 Agustus 2023 - 21.35 WITA
  • 31 Agustus 2023 - 22.35 WIT

Jadi masyarakat yang tinggal di wilayah Indonesia bagian barat, tengah, maupun timur dapat menyaksikan fenomena super blue moon menyesuaikan dengan keterangan jadwal di atas. 

Cara Melihat Super Blue Moon di Indonesia

Masyarakat bisa melihat keindahan super blue moon dengan cara yang sama seperti menyaksikan Bulan purnama biasa. Untuk menyaksikan fenomena bulan purnama sinar terang ini bisa dilakukan secara langsung atau tanpa alat bantu. 

Namun apabila ingin melihat penampakan super blue moon secara maksimal, maka sebaiknya menyaksikannya di lokasi yang gelap dan memakai alat bantu. Masyarakat juga bisa memanfaatkan alat seperti kamera, binokular, atau teleskop kecil, untuk melihat lebih jelas permukaan bulan saat fenomena ini berlangsung. 

Dampak Super Blue Moon

Selain menyuguhkan pemandangan indah di langit malam hari, fenomena super blue moon juga akan memberikan dampak alam ke Bumi. Saat super blue moon terjadi, akan menyebabkan pasang-surut air laut. 

Demikianlah informasi super blue moon 2023 kapan berlangsung. Masyarakat Indonesia yang ingin melihat fenomena langit malam yang indah ini bisa menyaksikannya pada hari Kamis 31 Agustus. Apabila ingin melihat penampakan bulan super blue moon secara maksimal, sebaiknya menyaksikan dari tempat gelap atau memakai alat bantu. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi