Pentingnya Isolasi Mandiri untuk Cegah COVID-19 Meluas

| 16 Mar 2020 18:37
Pentingnya Isolasi Mandiri untuk Cegah COVID-19 Meluas
Dr. Andika Chandra Putra, Sp.P. (Antara)
Jakarta, era.id - Isolasi mandiri harus dilakukan untuk mengurangi risiko penularan COVID-19 yang sifatnya diam atau tidak terdeteksi dalam kerumunan yang ramai.

"Tujuan kita untuk mencegah penyebaran yang sifatnya silent atau diam-diam di populasi. Kita kan tidak tahu apakah tetangga kita atau di transportasi ada orang yang terdeteksi COVID-19," kata dokter spesialis paru dr. Andika Chandra Putra, Sp.P., Senin (16/3/2020).

Karena, kata dokter di Rumah Sakit St. Carolus Jakarta itu bilang, tujuan isolasi mandiri adalah untuk mencegah transmisi di masyarakat dan bukan berarti orang-orang tidak boleh melakukan aktivitas apapun di rumah.

Aktivitas dalam rumah tetap dilakukan seperti biasa bagi masyarakat umum yang melakukan isolasi mandiri tapi harus tetap menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan setiap melakukan kegiatan.

Khusus untuk orang dalam pengawasan (ODP) yang melakukan isolasi mandiri di dalam rumah, kata Ketua Bidang Ilmiah dan Penelitian Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) itu, bisa menggunakan masker untuk memastikan penyakit yang diderita tidak menulari orang lain.

Social distancing atau menjaga jarak, kata dia, juga perlu dilakukan oleh masyarakat yang masih beraktivitas di luar. Social distancing adalah proses untuk menjaga jarak dan mengurangi kemungkinan kerumunan.

"Tapi itu memang harus diikuti dengan kebijakan bekerja di rumah misalnya. Karena kita lihat sekarang, meski sudah dilakukan pengurangan transportasi umum tapi belum disertai dengan kebijakan berkantor di rumah. Akibatnya membuat kerumunan yang baru lagi," katanya seperti dikutip dari Antara.

Jika memang terpaksa harus keluar dari rumah, kata Andika Chandra Putra, orang dianjurkan untuk menjaga jarak minimal 1 meter mengingat jarak transmisi COVID-19 itu diperkirakan berada dalam jarak 1-1,5 meter.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengimbau untuk menghadapi penyebaran masif penyakit yang disebabkan oleh virus korona itu masyarakat dapat bekerja, belajar dan beribadah di rumah atau melakukan isolasi mandiri.

Banyak pemerintah daerah sudah mengambil kebijakan untuk mengurangi transportasi umum sebagai salah satu langkah menekan angka kerumunan. Salah satunya adalah DKI Jakarta yang mengurangi jumlah transportasi umum TransJakarta, MRT dan LRT.

Rekomendasi