Taiwan ke Warganya: Belanjalah Sebanyak Mungkin

| 20 Mar 2020 21:10
Taiwan ke Warganya: Belanjalah Sebanyak Mungkin
Salah satu sudut kota di Taipei (Gambar oleh tingyaoh dari Pixabay)
Taipei, era.id - Di Indonesia, orang yang berbelanja kebutuhan pokok dengan berlebihan, akan langsung dicibir. Apalagi di tengah gempuran wabah Covid-19. Tapi di Taiwan, warganya malah didorong berbelanja sebanyak-banyaknya.

Lewat unggahannya di Facebook, KepalaKkabinet Taiwan, Su Tseng-chang meminta warganya untuk mendatangi supermarket dan berbelanjalah sebanyak yang mereka mampu. Su Tseng-chang memastikan ada banyak barang-barang yang bisa dibeli di sana.

"Berbelanja sebanyak mungkin, ada banyak barang yang tersedia," kata Su Tseng-chang seperti dilansir dari Antara, Jumat (20/3/2020).

Bukan tanpa sebab otoritas Taiwan mendorong warganya buat gemar berbelanja. Covid-19 yang menyebar ke seluruh dunia memang belum ada tanda-tanda mereda dalam waktu dekat.

"Jika orang-orang tidak makan di luar dan ingin memasak sendiri di rumah, mohon agar beli lebih banyak sayur dan buah-buahan, beli lebih banyak produk-produk pertanian Taiwan, dukung para petani. Ini cara yang luar biasa (mendukung perekonomian, red)," kata dia. Ia menambahkan bahwa para petani akan menyambut dukungan masyarakat itu.

Seluruh sektor perekonomian terkena serangan dari musuh yang terlihat ini. Otoritas Taiwan menilai, aksi belanja besar-besaran justru bisa menyelamatkan perekonomian mereka. Aksi ini menjadi peluang untuk mendorong warga membeli produk buatan Taiwan, sehingga perekonomian pun dapat terbantu.

Meskipun demikian, otoritas di Taiwan mengingatkan warga agar tidak panik karena pihak berwajib akan menghukum siapa pun yang menimbun barang dan mengambil keuntungan di tengah wabah.

"Taiwan merupakan pusat produksi buah-buahan, ikan, dan tempat yang memproduksi banyak makanan olahan. Selama epidemi pneumonia asal Wuhan berlangsung dan perekonomian melambat, tentu pemerintah mendorong tiap orang untuk berbelanja," ujar dia.

Tags : covid-19
Rekomendasi