Cerita Ridwan Kamil Jenguk Bima Arya di Ruang Isolasi

| 23 Mar 2020 13:52
Cerita Ridwan Kamil Jenguk Bima Arya di Ruang Isolasi
Ridwan Kamil Jenguk Bima Arya (Dok. Humas Jabar)
Bandung, era.id - Wali Kota Bogor Bima Arya harus diisolasi di ruang isolasi khusus pasien COVID-19. Bima dinyatakan positif korona atau COVID-19 setelah menjalani tes 17 Maret 2020 setelah mengunjungi Turki.

Saat ini Bima diisolasi di Ruang Sempur Isolasi RSUD Kota Bogor. Selama diisolasi, tentu orang nomor satu di Kota Bogor itu tak bisa sembarangan dijenguk. Bahkan doketer atau perawat yang merawatnya harus mengenakan alat perlindungan diri (APD).

Kalaupun ada yang menjenguk, tidak bisa masuk ke dalam ruangan langsung, melainkan harus melalui prosedur ketat yang harus benar-benar dipatuhi.

Pada Minggu (22/3), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjenguk politikus PAN tersebut. Ridwan Kamil tidak bisa menemui langsung Bima Arya dan hanya berkomunikasi lewat interkom dan hanya bertatap muka dari jarak 10 meter.

"Kumaha (bagaimana) kondisi Kang Bim? Harus tetap di sini dulu, ya, sepertinya," kata Emil.

Kepada Bima Arya, pria yang karib disapa Emil mengatakan bahwa ia dan masyarakat Jabar, khususnya Kota Bogor, terus mendoakan kesembuhannya. "Semoga sehat kembali, kami di sini terus berupaya dan mendoakan," ucapnya.

Sebelumnya, Bima Arya melawat ke Turki selama 10 hari. Sepulang dari Turki, dia bersama enam anggota rombongan dites Labkesda Jabar. Hasilnya, 3 orang positif termasuk Bima Arya. Di sisi lain, pemerintah juga menggulirkan kebijakan pembatasan kegiatan sosial (social distancing) di mana masyarakat diminta tinggal di rumah dan mengurangi aktivitas bertatap muka dengan orang lain.

“Dari 3 yang dites rata-rata gejalanya tidak ada, dan terlihat sehat. jadi ini membuktikan kekhawatiran kita sejak awal virus ini beredar di orang yang terlihat sehat menandakan jaga jarak menjadi penting, karena jangan menganggap jaga jarak hanya untuk pasien,” kata Ridwan Kamil.

Selain menjenguk Bima Arya, Kang Emil pun memastikan kesiapan rumah sakit pemerintah tersebut dalam menangani pasien COVID-19. Gedung RSUD yang baru direnovasi dari dana hibah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar sebesar Rp 30 miliar tersebut rencananya akan digunakan untuk penanganan pasien COVID-19.

"Pas beres (renovasi) ada situasi COVID-19 jadi kita sudah siapkan satu lantai kita akan skenariokan untuk penanganan COVID-19 kebetulan ruang isolasinya sudah ada, Kang Bima Arya juga dirawat di gedung ini," katanya.

Tags : ridwan kamil
Rekomendasi