Satgas Lawan COVID-19 Bentukan DPR

| 09 Apr 2020 16:43
Satgas Lawan COVID-19 Bentukan DPR
Puan Maharani (Youtube)
Jakarta, era.id - DPR membentuk Satuan Tugas (Satgas) Lawan COVID-19 yang bertanggung jawab kepada Ketua DPR RI dan akan membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan COVID-19 di tiap-tiap daerah.

"Tujuan dibentuknya satgas ini adalah menyambungkan pengusaha lokal atau donatur lokal untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah sakit atau puskesmas di daerah tersebut," kata Wakil Ketua DPR RI yang juga Koordinator Satgas Lawan COVID-19 Sufmi Dasco Ahmad dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Dasco menjelaskan pembentukan satgas itu tidak menggunakan anggaran dari DPR namun menggunakan iuran dari anggota DPR dan para anggota DPR ikut bergotong royong membantu menyumbang di daerah masing-masing melalui satgas tersebut.

Mekanisme kerja dari Satgas itu dilakukan melalui aplikasi atau situs satgaslawancovid19.com yang nantinya akan terhubung dengan 682 rumah sakit yang telah ditunjuk pemerintah secara resmi.

"Selain itu juga puskemas apabila membutuhkan alat kesehatan, mereka bisa mengisi formulir yang terintegrasi dengan aplikasi Kemenkes untuk kebutuhan minimal 3 bulan ke depan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan Satgas Lawan COVID-19 bertujuan membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan pandemi COVID-19 di tiap daerah.

Menurut Puan, satgas tersebut dibentuk untuk membangun sinergi dari para donatur yang peduli dalam melawan COVID-19 untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah sakit atau puskesmas di daerah.

"Termasuk memenuhi kebutuhan dasar atau sembako masyarakat yang terdampak ekonomi dari wabah COVID-19," kata Puan.

Puan menjelaskan, selain menghimpun sumbangan dari donatur, satgas juga mengkoordinasikan sumbangan dari para anggota DPR sehingga tidak menggunakan anggaran DPR sama sekali.

Politikus PDI Perjuangan itu menegaskan bahwa Satgas Lawan COVID-19 tidak menerima sumbangan dalam bentuk uang, melainkan sumbangan dalam bentuk alat kesehatan, masker, Alat Pelindung Diri (APD), serta ventilator dan alat pendukung medis lainnya.

"Semuanya langsung didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit rujukan, ke puskesmas dan ke kelurahan. Kami juga menerima bantuan sembako yang akan langsung didistribusikan ke warga," ujarnya.

 

Tags : ketua dpr
Rekomendasi