Drama Penembakan di Kanada Berakhir, 16 Orang Tewas

Tim Editor

    Gabriel Wortman (Facebook)

    Jakarta, era.id - Drama teror penembakan di Nova Scotia, Kanada berakhir. Sedikitnya 16 orang termasuk pelaku tewas dalam kejadian yang berlangsung selama 12 jam tersebut.

    Pelaku yang diidentifikasi bernama Gabriel Wortman ditemukan tewas. Namun, Royal Canadian Mounted Police (RCMP) tak mengungkapkan penyebab kematian Wortman.

    Aksi pria yang sehari-hari berprofesi sebagai dokter gigi itu bermula pada Sabtu malam setelah polisi menerima laporan adanya letusan senajata di sebuah rumah di Portapique, sekitar 130 km utara ibukota provinsi Nova Scotia, Halifax.

    "Ketika tiba di tempat kejadian, polisi menemukan beberapa korban di dalam dan di luar rumah," kata Chris Leather, petugas operasi kriminal RCMP Nova Scotia.

    Wortman menyamar dengan berpakaian dan mendandani mobilnya seperti polisi. Setelah itu,pria berusia 51 tahun itu bergerak ke lokasi lainnya.

    "Pelaku menembak orang di beberapa lokasi di seluruh provinsi Nova Scotia, kata Kepala RCMP, Brenda Lucki,seperti dilansir Straits Times, Senin (20/4/2020).


    Lokasi Penembakan (Straits Times)

    Polisi kini masih menyelidiki motif dan hubungan antara pelaku dan para korban. "Hari ini adalah hari yang menghancurkan bagi Nova Scotia, dan itu akan tetap terukir di benak selama bertahun-tahun yang akan datang," Lee Bergerman, komandan RCMP di Nova Scotia, mengatakan kepada wartawan.

    Jumlah korban tewas pada tragedi ini melebihi dari pembantaian yang terjadi di Montreal pada tahun 1989 ketika seorang pria bersenjata membunuh 15 wanita. Pada April 2018 silam, seorang pria yang mengendarai van sengaja menabrak dan menewaskan 10 orang di Toronto.

    Penembakan massal relatif jarang terjadi di Kanada, yang memiliki undang-undang kontrol senjata yang lebih ketat daripada Amerika Serikat.

    Nova Scotia, seperti di wilayah Kanada lainnya, juga sedang memberlakukan social distancing dan para warga dianjurkan untuk tetap berada di rumah.
     

    Tag: teroris

    Bagikan :