Teka-teki Kondisi Kesehatan Pemimpin Korut Kim Jong Un

| 21 Apr 2020 12:31
Teka-teki Kondisi Kesehatan Pemimpin Korut Kim Jong Un
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Di tengah spekulasi tentang kondisi kesehatan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, dua sumber pemerintah Korsel menyebut Kim tidak sakit parah, Selasa (21/4/2020). Hal itu menyusul laporan CNN bahwa dia telah menjalani prosedur kardiovaskular atau operasi jantung dan kini dalam "bahaya besar".

Daily NK, sebuah situs khusus yang berbasis di Seoul, mengutip sumber-sumber tak dikenal mengatakan, Kim sedang memulihkan diri di sebuah vila di daerah resor Gunung Kumgang, Hyangsan, di pantai timur, setelah menjalani prosedur kardiovaskular di sebuah rumah sakit pada 12 April 2020.

Sebelumnya, ada spekulasi mengenai kesehatan Kim yang memburuk setelah dia absen dari sebuah acara yang menandai ulang tahun pendiri Korea Utara sekaligus kakek Kim, Kim Il Sung, pada 15 April.

Kim terakhir kali terlihat di depan umum saat memimpin pertemuan politbiro Partai Buruh yang berkuasa pada 11 April. Baru sehari setelah pertemuan itu, dia pergi ke rumah sakit untuk menjalani operasi.

Korea Utara pekan lalu menembakkan beberapa rudal jarak pendek yang menurut pejabat Korea Selatan juga merupakan bagian dari perayaan ulang tahun Kim Il Sung. Peristiwa militer semacam itu biasanya akan dihadiri oleh Kim, tetapi sama sekali tidak ada laporan KCNA mengenai kehadirannya dalam tes rudal.

Berbeda dengan Daily NK --sebuah situs khusus yang sebagian besar dioperasikan oleh para pembelot Korea Utara-- yang menyebut pada 12 April Kim sedang menjalani operasi, media pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa pada hari itu Kim Jong Un telah mengunjungi pangkalan udara dan mengamati latihan jet tempur dan pesawat serang.  

Untuk diketahui, pelaporan dari dalam negeri Korea Utara memang dikenal sulit, terutama laporan terkait hal-hal mengenai kepemimpinan negara itu. Sebab, kontrol negara terhadap informasi publik sangat ketat.

Menurut laporan Daily NK, kesehatan Kim Jong Un telah memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Penyebabnya karena terlalu banyak merokok, obesitas, dan terlalu banyak bekerja.

"Yang saya tahu adalah bahwa dia (Kim Jong Un) telah berjuang (dengan masalah kardiovaskular) sejak Agustus lalu tetapi kondisinya memburuk setelah kunjungan berulang ke Gunung Paektu," kata satu sumber, merujuk pada gunung suci negara itu.

Rekomendasi