Tentang Kesehatan Kim Jong un yang Masih Misterius

Tim Editor

Korea Utara (Gambar oleh Alex_Berlin dari Pixabay)

Jakarta, era.id - Bagaimana sebenarnya kondisi kesehatan sang pemimpin besar Korea Utara, Kim Jong un, masih jadi tanda tanya besar. Di tengah misteri itu, China mengirim pakar-pakar tim kesehatan mereka ke Korea Utara. 

New York Post yang mengutip pemberitaan Reuters, Sabtu (25/4/2020) melaporkan kalau pencarian kepastian kondisi kesehatan Kim Jong un diselimuti kabut tebal. Cuma Reuters mendapat bocoran dari tiga orang yang bilang kalau China memberikan bala bantuan terkait kesehatan Kim Jong un.

Tim kesehatan itu, dipimpin seorang senior dari Departemen Penghubung Internasional pada Partai Komunis China. Kantor ini memang menangani urusan antara China dengan Korut. Mereka terbang dari Beijing pada Kamis (23/4) lalu.

Informasi lain muncul dari tetangga Korut, Korea Selatan. Laporan intelijen negara ini yakin, Kim Jong un masih hidup hingga sekarang. Malah mereka sedang merencanakan momen --dalam waktu dekat-- untuk menampilkan Kim Jong un di depan umum.

Spekulasi kondisi kesehatan Kim Jong un muncul kali pertama pada Rabu 22 April lalu. Jong un tidak muncul pada peringatan hari ulang tahun pendiri Korut yang merupakan kakek dari Kim Jong-un yaitu Kim Il-sung, pada 15 April.

Namun, media pemerintah di sana, KCNA tetap menampilkan berita-berita biasa seperti memunculkan gambar-gambar peralatan olahraga, pemetik mulberry, dan pertemuan di Bangladesh untuk memberikan "juche" atau ideologi kemandirian Korut. 

Tag: kim jong un

Bagikan: