'Kim Jong Un Masih Hidup dan Sehat'

| 27 Apr 2020 09:34
'Kim Jong Un Masih Hidup dan Sehat'
Ilustrasi Kim Jong un via Pixabay
Jakarta, era.id - Kondisi kesehatan Pemimpin Besar Korea Utara, Kim Jong Un masih menjadi misteri. Tapi sebuah laporan CNN menyebut kalau saat ini, tidak ada masalah dengan kesehatan Kim Jong Un.

CNN berhasil mewawancarai penasihat khusus Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Moon Chung-in. Dia bilang, Kim Jong Un saat ini sedang ada di Wonsan, sebuah kota di sebelah timur negara tersebut, sejak 13 April lalu.

"Kim Jong Un masih hidup dan sehat," kata Moon Chung-in seperti dilansir dari CNN, Senin (27/4/2020).

"Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi," lanjutnya tanpa merinci lebih jauh frasa 'mencurigakan'.

Media-media Korea Utara memang tidak gampang melacak atau memberitakan spekulasi kesehatan pemimpin tertinggi mereka. Tapi khusus isu kesehatan Jong Un yang sepekan terakhir santer diberitakan menurun atau malah meninggal, media Korut juga tidak membantah secara tegas.

Pekan lalu, surat kabar Rodong Sinmun melaporkan, Kim Jong Un mengucapkan terima kasih kepada para pekerja di proyek pariwisata pesisir raksasa Wonsan Kalma. Namun belum ada yang bisa mengonfirmasi, apakah pernyataan itu benar dari Kim Jong Un atau hanya 'mendompleng' untuk meredam isu negatif. Apalagi ucapan itu tidak disertai dengan foto terbarunya.

CNN juga melampirkan gambar citra satelit, sebuah kereta milik pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Gambar-gambar ini dirilis pada Sabtu (25/4) kemarin. Para analisis yakin, Kereta ini sedang berhenti di sebuah stasiun kereta api yang melayani kompleks mewah Wonsan.

Kemunculan kereta itu memang tidak lantas memberikan konfirmasi kalau ada Kim Jong Un di sekitarnya. Tapi setidaknya memberikan justifikasi kalau dia ada atau tinggal di sekitar daerah itu.

Kim menjalani operasi kardiovaskular atau jantung, disebabkan karena ia mengalami obesitas, perokok berat, dan kelelahan. Bahkan, Kim Jong Un juga absen dalam Hari Matahari, yaitu peringatan kelahiran mendiang kakek sekaligus pendiri Korea Utara, Kim II Sung.

Terakhir, Kim masih terlihat di media saat memimpin pertemuan bersama para petinggi Dewan Politbiro Partai Buruh pada 11 April 2020.

Tags : kim jong un
Rekomendasi