Mudik dan Pulang Kampung, Sama Makna Tapi Beda Situasi

| 23 Apr 2020 16:46
Mudik dan Pulang Kampung, Sama Makna Tapi Beda Situasi
Presiden Joko Widodo (Dok. Trans7
Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo menyebut perbedaan makna antara kata mudik dan pulang kampung saat berbincang dengan Najwa Shibab. Pernyataan itu pun langsung viral di media sosial.

Sastrawan Universitas Indonesia Ibnu Wahyudi mencoba meluruskan maksud Jokowi. Sebenarnya tidak ada perbedaan makna antara mudik dan pulang kampung, keduanya memiliki esensi makna yang serupa yaitu pulang ke udik atau ke kampung.

"Secara etimologis, tidak berkaitan dengan satu peristiwa atau perayaan. 'Mudik' dan 'pulang kampung' dapat dilakukan kapan saja," kata Ibnu saat dihubungi, Kamis (23/4/2020).

Tetapi secara situasi, ada perbedaan nuansa penggunaan bahasanya saja. Dia mengatakan, dalam pembicaraan atau dalam laras tulisan, mudik biasa dipergunakan untuk situasi sehari-hari atau situasi nonformal.

Sedangkan pulang kampung lebih berkenaan dengan makna yang berkaitan dengan situasi formal. Namun, secara esensi, keduanya memiliki makna yang sama yakni pulang ke kampung khususnya bagi perantau.

Namun Ibnu menekankan, penjelasannya ini dalam makna secara kebahasaan tanpa embel-embel politik.

"Saya menduga, Pak Jokowi pun tahu ada kekurangtepatan penjelasan tapi lalu cari pembenaran. Sayangnya, KBBI, tidak mendukung pendapat Pak Jokowi," tambahnya.

Sementara, Pendiri Narabahasa, Ivan Lanin enggan mengomentari perbedaan makna mudik dan pulang kampung. Secara satire, ia hanya mengaku sedang berkabung karena pemaknaan kata tidak perlu dicari dalam kamus.

 

"Pemaknaan kata tidak perlu dicari dalam kamus. Cukup tanyakan kepada politikus," cuit Ivan melalui akun Twitternya.

Video penjelasan Kepala Negara soal mudik viral di media sosial. Awalnya Jokowi menanggapi pertanyaan Najwa soal ada warga yang 'mencuri start' mudik sebelum bulan Ramadan. 

"Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung. Memang bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan, ya mereka pulang. Karena anak istrinya ada di kampung," ujar Jokowi dalam wawancara eksklusif di acara Mata Najwa, Rabu (22/4) malam.

 

Tags : jokowi
Rekomendasi