Kakak Soe Hok Gie, Sosiolog Arief Budiman Wafat

| 23 Apr 2020 17:50
Kakak Soe Hok Gie, Sosiolog Arief Budiman Wafat
Arief Budiman (Dok. RRI)
Jakarta, era.id - Kakak kandung aktivis Soe Hok Gie, yang juga Sosialog Arief Budiman meninggal hari ini Kamis (23/4/2020). Kabar duka ini disiarkan oleh Akademisi dan Sosiolog Ariel Heryanto.

"Selamat jalan, kawan lama dan rekan sejawat, Arief Budiman, Terima kasih atas apa yang telah engkau sumbangkan ke Indonesia," kata Ariel lewat akun Twitternya, Kamis (23/4/2020).

Peneliti Human Rights Watch Andreas Harsono mengatakan Arief memang telah lama mengidap sakit parkinson selama kurang lebih sepuluh tahun terakhir.

"Arief cendekiawan publik, dulu mengajar di Univ Kristen Satya Wacana dan UnivMelbourne," kata Andreas lewat akun Twitternya.

 

Arief Budiman yang memiliki nama Tionghoa Soe Hok Djin. Ia adalah kakak dari aktivis Soe Hok Gie. Kiprahnya yang dikenal antara lain menyerukan GolputGolonganPutihbersama bersama intelektual dan pemikir liberal yang menolak Pemilu 1971. Saat itu pemerintahan Orde Baru sangat berkuasa dengan mesin politiknya bernama Golkar yang memangkan Pemilu secara mutlak.

Arief juga pernah ikut menandatangani Manifesto Kebudayaan pada 1963, yang menentang kegiatan Lembaga Kebudayaan Rakyat (LEKRA) karena dianggap mengekang kreativitas seniman.

Arief pernah mengajar di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga, kemudian pindah ke Australia. Setelahnya dia sangat aktif dalam kajian sosial dan kebudayaan.

Arief meninggal dunia di Rumah Sakit Ken Saras, Salatiga, Kabupaten Semarang, sekitar pukul 12.20 WIB. Almarhum rencananya dimakamkan di Pemakaman Bancaan, Salatiga. Jenazah diberangkatkan dari RS Ken Saras ke Pemakaman Bancaan.

 

Rekomendasi