Kim Jong Un Rilis Lagu Baru, Liriknya Puji Diri Sendiri

| 22 Apr 2024 11:10
Kim Jong Un Rilis Lagu Baru, Liriknya Puji Diri Sendiri
Kim Jong Un rilis lagu baru (Era.id/Luthfia)

ERA.id - Pemerintah Korea Utara merilis lagu baru yang bercerita tentang pemimpin negara itu, Kim Jong Un. Lagu berjudul "Friendly Father" itu ditulis sendiri oleh Kim Jong Un dan berisi pujian untuk dirinya.

Mengutip Reuters, Video musik "Friendly Father" itu ditayangkan di Korean Central Television yang dikontrol oleh pemerintah, Rabu (17/4/2024). Dalam video itu menampilkan warga Korea Utara dari berbagai lata belakang mulai anak-anak, tentara, dan staf medis.

Lagu yang memiliki lirik "Let's sing, Kim Jong Un the great leader", "Let's brag about Kim Jong Un, a friendly father" itu dirilis untuk menandai selesainya pembangunan 10.000 rumah baru proyeksi Kim Jong Un.

Perilisan lagu "Friendly Father" ini juga diiringi dengan orkestra dan ditonton langsung oleh Kim Jong Un. Pemimpin Korea Utara itu juga disebut menyiptakan lagu itu sendiri yang berisi pujian untuk dirinya.

Dinasti keluarga Kim yang memerintah Korea Utara sejak didirikan setelah Perang Dunia II berupaya memperkuat cengkeraman mereka pada kekuasaan dengan membangun kultus kepribadian di sekitar mereka.

Peluncuran lagu bertempo cepat berjudul "Friendly Father" ini terjadi pada saat media pemerintah Korea Utara baru-baru ini mengganti nama yang digunakan untuk hari libur nasional. Sehingga perubahan itu memicu spekulasi bahwa langkah tersebut merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat posisi Kim.

Alih-alih menyebut hari libur nasional tahunan yang merayakan kelahiran pendiri negara Kim Il Sung sebagai "Hari Matahari", media pemerintah mulai menyebutnya sebagai "Hari libur April" yang lebih netral.

Perubahan tersebut mungkin merupakan bagian dari upaya Kim untuk berdiri sendiri tanpa bergantung pada pendahulunya, kata seorang pejabat di Kementerian Unifikasi Korea Selatan.

Rekomendasi