Ada Puluhan Beasiswa dari Perguruan Tinggi BUMN, Sikat!

Tim Editor

Ilustrasi (Dok APERTI BUMN)

Jakarta, era.id - Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyediakan kuota 40 beasiswa penuh untuk calon mahasiswa pada tahun akademik 2020.

"Pada tahun ini, kami menyediakan kuota sebanyak 40 beasiswa yang nantinya akan disebar pada delapan perguruan tinggi BUMN," ujar Ketua APERTI BUMN Prof Akhmaloka, dalam telekonferensi di Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Saat ini ada delapan perguruan tinggi dibawah APERTI BUMN, yaitu Universitas Pertamina, Universitas Internasional Semen Indonesia, Telkom University, Politeknik Pos Indonesia, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik, Institut Teknologi Telkom Surabaya, Institut Teknologi PLN, dan BRI Institute.

Akhmaloka menambahkan beasiswa yang diberikan adalah beasiswa penuh, yang menanggung biaya kuliah mahasiswa dari semester awal hingga lulus. "Pada tahun ini, kuota yang diberikan lebih banyak dari tahun sebelumnya," ujarnya.

Sebelumnya, kuota yang diberikan pada tahun 2019, yakni sebanyak 30 beasiswa. Dia berharap dengan bantuan beasiswa tersebut dapat membantu anak-anak Indonesia untuk dapat melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Apalagi, lanjut dia, kondisi saat ini yang mana pandemi COVID-19 yang berdampak pada ekonomi orang tua calon mahasiswa.

"Beasiswa ini merupakan salah satu bentuk kontribusi APERTI BUMN dalam pembangunan nasional, terutama sumber daya manusia (SDM)," ujar dia.

Beasiswa APERTI BUMN ditawarkan pada lulusan SMA/SMK 2019 dan 2020. Calon mahasiswa dapat memilih program diploma maupun sarjana pada satu di antara delapan perguruan tinggi.

Proses pendaftaran dimulai pada tanggal 14 Mei 2020 hingga 1 Juli 2020. Proses seleksi mencakup seleksi akademik (termasuk mengajukan nilai rapor semester satu hingga lima) dan wawancara secara daring.

Pelaksanaan tes daring pada 9 Juli 2020 dan pengumuman pada 18 Juli 2020. Kemudian dilanjutkan wawancara secara daring pada 21 Juli 2020. Kemudian pengumuman kelulusan pada 22 Juli 2020.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat mengakses situs resmi APERTI BUMN dan mengklik perguruan tinggi tujuan untuk mengetahui persyaratan lebih lanjut.
 

Tag: riwayat pendidikan tri mumpuni

Bagikan: