Nasib Perhelatan Oscar 2021 dalam Bayang-Bayang Korona

Tim Editor

Piala Oscar (Foto: Oscar.go.com)

Jakarta, era.id - Penghargaan tahunan paling bergengsi bagi insan perfilman, Oscar 2021 terancam ditunda. Hal ini disampaikan oleh pihak The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), yang mempertimbangkan penundaan itu akibat banyak film yang mengalami kemunduran jadwal tayang.

Seperti diberitakan oleh Variety, salah seorang sumber dari Oscar yang enggan disebutkan namanya menyampaikan berita penundaan itu. Sumber itu juga tak memberikan tanggal pengganti, yang seharusnya akan diselenggarakan pada 28 Februari 2021. Namun, salah seorang sumber lain mengatakan tanggal penayangan Oscar 2021 yang akan disiarkan di ABC tak akan mengalami perubahan.

Sebelumnya pihak AMPAS juga telah memberlakukan kebijakan baru bagi para calon nominasi. Di mana sebuah film bisa lolos seleksi dengan masa penayangan minimal tujuh hari di Los Angeles Country. Tetapi khusus tahun ini, film yang terpaksa ditayangkan secara online masih punya kesempatan itu asalkan sebelumnya sudah punya rencana rilis di bioskop.

"Saya pikir semua orang bersimpati dengan keadaan para pembuat film dan kami di sini untuk mendukung anggota kami dan komunitas film," kata David Rubin, Presiden Oscar.

Dengan aturan baru itu bukan berarti semua film yang dirilis secara streaming bisa didaftarkan lho. Masih ada uji verifikasi lanjutan terkait film yang akkan didaftarkan.

Selain itu film streaming juga harus didaftarkan lewat layanan khusus anggota di Academy Screening Room dengan batas waktu 60 hari sejak dirilis lewat layanan streaming atau VOD. Salah satu film yang terpaksa tayang VOD ialah Trolls World Tour.

Film-film ternama yang terkena imbas korona bahkan menunda penayangan hingga akhir tahun. Sebut saja Mulan, James Bond 'No Time To Die', hingga Black Widow. Apalagi masalah ini juga diperburuk dengan penutupan bioskop di seluruh dunia sejak wabah korona baru terjadi di awal tahun.

Demi memenuhi syarat penayangan minimal tujuh hari, nantinya saat pandemi berakhir sejumlah bioskop di luar Los Angeles akan ditambahkan jumlahnya, seperti Miami, New Yor, Bay Area, Atlanta, dan Chicago. Tentunya penambahan itu harus memenuhi syarat yang berlaku sesuai dengan kualitas Oscar.

Tag: piala oscar

Bagikan: