Program Belajar dari Rumah, Kemendikbud Gandeng Netflix

| 17 Jun 2020 23:00
Program Belajar dari Rumah, Kemendikbud Gandeng Netflix
Ilustrasi (Unsplah/@freestocks)
Jakarta, era.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menggandeng platform streaming Netflix sebagai bagian dari program Belajar dari Rumah. Ini merupakan pertama kalinya sejumlah film dokumenter milik Netflix akan tayang secara terestrial melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Mendikbud, Nadiem Makaraim mengatakan, pihaknya sejak awal memang berkomitmen untuk menghadirkan tayangan berkualitas sebagai sarana belajar, juga hiburan. Termasuk saat memasuki kalender akademik libur sekolah.

"Tidak terkecuali pada masa libur sekolah, Kemendikbud tetap berkomitmen untuk menyediakan tayangan berkualitas tinggi yang mendidik dan menghibur," ujar Mendikbud Nadiem Makarim melalui keterangan tertulisnya, Rabu (17/6/2020).

Rencananya, mulai tanggal 20 Juni 2020, masyarakat sudah bisa menyaksikan film-film dokumenter persembahan Netflix di TVRI. Adapun jadwal tayang perdana setiap Sabtu pukul 21.30 WIB dan tayang ulang setiap Minggu dan Rabu pada pukul 09.00 WIB.

Nadiem mengaku sangat mengapresiasi bantuan dari Netflix dalam mendukung program pendidikan di Indonesia. Dia juga menambahkan, kerja sama antara Netflix dengan kementerian dan saluran televisi milik pemerintah dalam menayangkan film dokumenter terbaiknya ini merupakan yang pertama di dunia.

"Kami berharap upaya ini disambut baik dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk terus memperluas wawasan dengan cara yang lebih menyenangkan dan menghibur," kata Nadiem.

Upaya untuk terus membangun pendidikan bermutu ketika menghadapi pandemi COVID-19 ini pun disambut baik oleh Netflix yang berkontribusi menyediakan konten kelas dunia untuk kerja sama ini tanpa biaya.

Wakil Presiden Konten Original Bahasa Lokal Netflix Bela Bajaria mengatakan, pihaknya menawarkan berbagai jenis pilihan tayangan, termasuk film-film pemenang penghargaan, serial televisi untuk anak-anak dan keluarga, serta tayangan dokumenter.

"Melalui kerja sama dengan Kemendikbud, akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat mengakses dan menikmati tayangan dokumenter Netflix Original," kata Bela.

Bela berharap dengan hadirnya film dokumenter Netflix di layar kaca, masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan usia juga bisa ikut belajar dan terinspirasi oleh alam yang sangat menakjubkan ketika menyaksikan dokumenter “Our Planet” dan “Night on Earth”, atau oleh cerita tentang kegigihan dan penjelajahan seperti dalam dokumenter “Spelling the Dream” dan “Street Food: Asia”.

Lalu apa sih film dokumenter Netflix yang bakal tayang? Nah, ini beberapa dokumenter pembelajaran dari Netflix Original yang dapat disaksikan pada program Belajar dari Rumah antara lain “Our Planet”, “Street Food: Asia”, “Tidying Up with Marie Kondo”, “Spelling the Dream”, “Chasing Coral”, dan “Night on Earth”.

"Dokumenter-dokumenter tersebut akan ditayangkan dengan terjemahan Bahasa Indonesia," ucap Bela.

Seperti diketahui, program Belajar dari Rumah ini merupakan alternatif belajar di tengah pandemi COVID-19. Upaya ini dilakukan Kemendikbud untuk memastikan agar dalam masa yang sulit ini masyarakat terus mendapatkan kesempatan untuk melakukan pembelajaran dari rumah, salah satunya melalui media televisi dengan jangkauan terluas di Indonesia.

Program Belajar dari Rumah melalui televisi berfokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi, penumbuhan karakter, dan perluasan wawasan kebudayaan. Kemendikbud dalam hal ini terbuka terhadap konten positif, baik dari Indonesia maupun mancanegara sebagai bentuk gotong royong pembelajaran di masa darurat.

Tags : kemendikbud
Rekomendasi