Cumi-Cumi Langka Bak Monster Raksasa Terdampar di Pantai 

Tim Editor

Cumi-cumi raksasa (Foto: Daily Mail)

Jakarta, era.id - Seekor cumi-cumi raksasa laut dan langka sepanjang 14 kaki ditemukan di pantai Britannia, Afrika Selatan. 

Dikutip dari Daily Mail pada Kamis (18/6/2020), rekaman viral itu memperlihatkan cumi-cumi raksasa yang tumbuh sepanjang 13 meter. Cumi-cumi raksasa langka tersebut jarang ditemukan. Sebelumnya, pernah divideokan untuk pertama kalinya pada tahun 2006.

Mereka bisa dikatakan sangat beruntung karena bertemu dengan monster langka yang susah sekali ditemukan.

Cumi-cumi raksasa tumbuh hingga 43 kaki panjangnya, dan ukurannya yang menakutkan diduga berasal dari monster laut mitologis, kraken.

Hewan raksasa ini berbentuk kerucut, mata membesar, dan memiliki delapan tentakel yang lebar. Dengan ini, ia akan memangsa ikan dan cumi lebih kecil di kedalaman lautan. Cumi yang terdampar di Afsel sudah tewas dalam keadaan utuh.

Cumi-cumi misterius ini dikenal sebagai Architeuthius dux yang memiliki mata sebesar piring.

Sangat tidak biasa melihat cumi-cumi raksasa sebagai makhluk hidup yang memiliki lebih dari 3.000 kaki di bawah permukaan laut.

Ahli biologi kelautan di Museum Iziko di Afrika Selatan segera menyimpan cumi-cumi raksasa upaya studi lebih lanjut dan akan diabadikan dalam museum.

Wayne Florence, pakar dari Iziko Museums mengatakan cukup mengejutkan melihat hewan satu ini secara langsung.

"Kami memiliki publik yang besar dan banyak orang terkejut kehadiran cumi-cumi raksasa ini benar-benar ada!" ujar Wayne

Pada titik ini, tidak jelas apa yang menyebabkan cumi-cumi raksasa ini bisa mati. Namun, para ilmuwan akan mencari tahu cumi-cumi sepanjang 14 kaki begitu lockdown sudah dilonggarkan.

"Penyebab kematian hanya dapat diketahui ketika kita membedah spesimen, setelah COVID-19 di-lockdown," kata Dr Florence.

Tag: cumi-cumi monster pohon baobab di afrika mati

Bagikan: