Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot, Lakukan Hal ini

| 21 Feb 2024 14:04
Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot, Lakukan Hal ini
Ilustrasi tips memasak cumi agar tidak alot. (Pixabay)

ERA.id - Bagi Anda yang menyukai menu cumi-cumi untuk dikonsumsi, tentunya lebih senang dengan tekstur cumi-cumi yang tidak alot. Oleh karena itu, cumi-cumi harus dimasak dengan tepat. Durasi memasak cumi pun dilakukan antara sebentar saja atau sekalian lama, sebab seafood jenis ini memang mudah alot. Mengutip The Spruce Eats dan Bon Appetit, di bawah ini adalah tips memasak cumi agar tidak alot.

Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot

Ilustrasi. (Pixabay)

Durasi masak sebentar atau sekalian lama

Durasi masak cumi-cumi merupakan kunci penting yang sangat berpengaruh terhadap tekstur jenis seafood ini. Sebaiknya cumi-cumi dimasak dengan panas tinggi dan cepat atau panas rendah dan lambat. Jika Anda memasak di antara kedua cara tersebut biasanya tekstur cumi akan menjadi alot. Cumi-cumi dimasak dengan durasi sekitar 2-3 menit. Jika lebih dari waktu tersebut, butuh waktu cukup lama untuk menjadikan cumi-cumi empuk lagi, sekitar 30-60 menit.

Rebus cumi-cumi sekitar 1 menit

Bagi Anda yang ingin marinasi cumi-cumi, bisa melakukan blanching. Selama tidak lebih dari satu menit, rebus cumi-cumi bersih dalam air mendidih. Selanjutnya, langsung masukkan ke dalam air es untuk menghentikan proses masak cumi-cumi. Setelah itu, marinasi atau rendam cumi-cumi dalam bumbu favorit Anda. Jika ingin membuat masakan berkuah, masukkan cumi-cumi beberapa menit sebelum diangkat. Baru dapat Anda sajikan setelahnya.

Ukuran cumi-cumi pengaruhi keempukan

Jika Anda ingin memasak dengan metode api kecil dan durasi lama, sebaiknya potong cumi-cumi sekitar 12 sentimeter kurang dari takaran yang Anda inginkan. Biasanya berat cumi-cumi sekitar 285 gram merupakan potongan yang lebih mudah empuk.

Goreng cumi-cumi 2-3 menit, maksimal 5 menit

Durasi menggoreng cumi-cumi juga tidak disarankan terlalu lama. Pertama, Anda harus memastikan minyak goreng sudah panas. Kemudian goreng cumi-cumi secara berkala, usahakan dalam satu wajan tidak terlalu penuh. Goreng 2-3 menit, atau maksimal 5 menit. Jika cumi-cumi sudah coklat keemasan, segera angkat.

Bakar cumi-cumi 2-3 menit

Cara masak cumi-cumi yang sederhana adalah dibakar. Caranya, Anda dapat bersihkan cumi-cumi terlebih dahulu. Biarkan bentuknya tetap seperti tabung, dan tidak perlu dipotong. Anda dapat membumbuinya dengan garam atau merica, atau saus favorit Anda. Selanjutnya, panggang di atas wajan teflon ataupun panggangan arang selama 2-3 menit.

Slow-cooked cumi-cumi selama 30-60 menit

Jika Anda ingin memasak cumi-cumi dengan bumbu yang meresap, tak perlu khawatir cumi-cumi Anda menjadi alot. Caranya, campur cumi-cumi dengan air dan bumbu-bumbu sesuai resep. Selanjutnya, masak perlahan atau slow-cooked selama minimal 30 menit hingga 60 menit sampai teksturnya empuk.

Demikianlah ulasan tentang tips memasak cumi agar tidak alot yang dapat Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi