Masjid di Mekah Dibuka Lagi Besok

| 20 Jun 2020 10:37
Masjid di Mekah Dibuka Lagi Besok
Ilustrasi (Achmad/era.id)
Jakarta, era.id - Pemerintah kerajaan Arab Saudi bakal membuka kembali seluruh masjid yang ada di kota Mekah pada Minggu (21/6) besok setelah ditutup selama tiga bulan akibat pandemi virus korona.

Saluran televisi pemerintah al-Ekhbariya melaporkan lebih dari 1.500 masjid akan diizinkan untuk dibuka kembali tetapi wajib mengikuti protokol kesehatan pencegahan terhadap COVID-19. Misalnya setiap jemaah harus membawa sajadah masing-masing dan menjaga jarak saat berada di dalam masjid.

Seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (20/6/2020), menjelang pembukaan kembali, Kementerian Urusan Islam menyewa puluhan relawan untuk melakukan sterilisasi pada bagian dalam bangunan dan luar masjid sebelum menerima jemaah sebagai tindakan pencegahan. Petugas juga disiapkan untuk mengawasi protokol kesehatan di lingkungan masjid

Sebelumnya, masjid di daerah lain selain Mekah sudah dibuka kembali. Pemerintah Saudi mengumumkan pembukaan kembali masjid ini beberapa pekan sebelum penyelenggaraan ibadah haji pada akhir Juli.

Namun hingga kini, pemerintah Saudi belum memutuskan penyelenggaraan ibadah haji di tengah pandemi, tetap lanjut atau batal.

Saat ini ada 150.292 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi di Saudi.

Tags : ibadah haji
Rekomendasi