Hadirkan Pemeran Kulit Gelap, Serial Malaysia Dianggap Rasis

Tim Editor

    Serial drama dianggap rasis (Foto: Nextshark)

    Jakarta, era.id - Sebuah serial drama Malaysia mendapat kecaman lantaran menampilkan pemeran berkulit gelap. Namun, produser serial drama itu bersikeras menampik tudingan yang dianggap rasis kepada orang kulit hitam legam dalam serialnya.

    Dalam sebuah wawancara dengan Malay Mail, Produser Fadzil, atau yang dikenal sebagai Haji Zeel, mengatakan serial drama bertajuk Dayang Senandung tidak bermaksud menyinggung orang kulit hitam dan karakter dari sebuah legenda mitologi.

    "Sebagai produser, kami hanya ingin membuat cerita berdasarkan dongeng mitologi. Drama kami tidak menghina orang berkulit hitam. Faktanya, kami memuliakan mereka dalam alur cerita ini," ujar Fadzil yang dikutip dari Nextshark, Selasa (23/6/2020).

    Banyak warganet yang mengkritik serial drama Dayang Senandung yang masih terus lanjut produksi. Fadzil mengatakan karakter tersebut akan diceritakan menjadi cantik kembali.

    "Sejauh ini (tidak memiliki rencana untuk syuting ulang) karena ini adalah cerita dan karakter yang dapat lampu hijau ketika kami mengajukannya di awal  tahun itu. Karakter Dayang akan berubah menjadi cantik lagi di akhir cerita," ungkap Fadzil.

    Dayang Senandung mengkisahkan seorang putri yang dikutuk kulitnya jadi hitam sejak lahir. Kutukan itu dilayangkan oleh rakyat jelata yang dijatuhi hukuman mati atas kesalahan yang diperbuat. 

    Berdasarkan legenda, sang putri kerap di-bully dan dianiaya sejak kecil hingga bertumbuh remaja.

    Sebelumnya, ada pun film dengan kisah sama yang dirilis pada 1960-an. Sang aktris Sarimah Ahmad dicat dengan warna hitam untuk memerankan peran tersebut.

    Serial drama jadi kontroversi setelah aktris Malaysia Wani Kayrie memerankan Dayang Senandung yang mengunggah video di TikTok. Ia menari saat wajahnya masih cat warna hitam yang memicu spekulasi rasis.

    <blockquote class="twitter-tweet"><p lang="en" dir="ltr">someone??pls tell me?? whats going on??? <a href="https://t.co/mdUDFHHaMG">pic.twitter.com/mdUDFHHaMG</a></p>&mdash; elle (@elrynnaa) <a href="https://twitter.com/elrynnaa/status/1273588095175155712?ref_src=twsrc%5Etfw">June 18, 2020</a></blockquote> <script async src="https://platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

    Tetapi ada sebagian warganet yang membela serial ini karena menganggap keputusan untuk mengecat wajah aktrisnya jadi hitam lantaran ingin menampilkan alur kisah berdasarkan cerita rakyat.

    “Tidak berlebihan untuk bilang Dayang Senandung ini bermasalah. Hanya karena ini cerita lama dan sebuah legenda atau cerita rakyat tidak berarti itu hal yang benar," ujar salah satu warganet di Twitter.

    Sejak saat itu, petisi sudah dibentuk untuk meminta penghentian produksi serial drama ini. Ia berhasil mengumpulkan lebih dari 24 ribu tanda tangan dengan target 25 ribu.

    Aktris, Wani telah menghapus video kontroversial dari akun TikTok-nya dan ia juga meminta maaf usai mendapatkan serangan dari warganet

    Tag: malaysia serial drama sepak bola rasis inisial artis ac

    Bagikan :