8 Benefit dan Pesangon yang Didapat 430 Karyawan Korban PHK Gojek 

Tim Editor

    Karyawan Gojek (Dok. Gojek)

    Jakarta, era.id - Pandemi COVID-19 juga berdampak terhadap perusahaan aplikasi transportasi, Gojek. Hari ini, Rabu (24/6/2020), melalui keterangan resmi yang diterima Era.id, Gojek mengumumkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 430 karyawannya.

    Keputusan tersebut seiring dengan akan dihentikannya layanan GoLife yang meliputi GoMassageGoClean, dan GoFood Festival.  Layanan tersebut dihentikan lantaran terdampak pandemi Covid-19 selama beberapa bulan terakhir.

    Karyawan Gojek yang terdampak dengan keputusan ini akan mendapat benefit termasuk pesangon di atas standar yang ditetapkan pemerintah. Berikut adalah dukungan perusahaan bagi karyawan yang terdampak:

    1.    Pesangon

    Karyawan Gojek yang terdampak akan menerima pesangon berupa minimum gaji 4 pekan ditambah tambahan 4 pekan gaji untuk setiap tahun lamanya bekerja.

    2.    Pembayaran gaji selama periode pemberitahuan

    Karyawan yang terdampak  tidak diwajibkan untuk bekerja saat sudah memasuki periode pemberitahuan, supaya karyawan dapat fokus memikirkan mengenai rencana mereka di masa mendatang. Namun, Gojek mengklaim tetap akan membayar gaji mereka secara penuh.

    3.    Equity arrangement

    Masa tunggu (annual cliff) bagi karyawan yang memiliki hak kepemilikan saham akan dihapus, sehingga karyawan yang meninggalkan Gojek dapat memiliki saham di perusahaan yang telah mereka bangun.

    4.    Pembayaran cuti tahunan dan hak lainnya

    Gojek akan membayarkan cuti tahunan yang tidak digunakan, selain juga hak-hak lainnya termasuk cuti melahirkan.

    5.    Perpanjangan asuransi kesehatan

    Gojek juga akan memperpanjang skema asuransi kesehatan bagi karyawan yang terdampak dan juga bagi keluarga mereka, hingga 31 Desember 2020.

    6.    Perlengkapan

    Karyawan dapat tetap memiliki laptop mereka untuk membantu mencari peluang lain.

    7.    Perpanjangan program bantuan karyawan

    Gojek akan memperpanjang masa dukungan kami, mencakup program layanan kesehatan mental, finansial, dan konsultasi lainnya selama tiga bulan ke depan untuk membantu menjaga kondisi emosional dan psikologis karyawan yang terdampak.

    8.    Program outplacement

    Gojek memberikan program outplacement yang akan membantu setiap orang untuk mencari pekerjaan.

    Perusahaan dengan 4000 karyawan ini mengaku bahwa penutupan layanan tersebut juga akan berdampak pada mitra GoLife. Sebagai gantinya, mereka mengklaim akan memberi program peningkatan keterampilan dan dana tunai untuk mitra aktifnya.

    Tag: gojek xcelerate driver gojek perusahaan startup new normal

    Bagikan :