Fungsi dan Kandungan Kalung Antivirus Korona serta Shout Out

| 04 Jul 2020 16:47
Fungsi dan Kandungan Kalung Antivirus Korona serta Shout Out
Syahrul Yasin Limpo menjelaskan soal kalung antivirus korona
Jakarta, era.id - Kalung Shout Out dan kalung Antivirus Korona buatan Kementerian Pertanian (Kementan) banyak dibincangkan di media sosial. Sebenarnya apa sih fungsi dan kandungan kedua alat itu?

Dari awal kabarnya, Shout Out dinilai berfungsi untuk menghalau virus seperti korona dari tubuh kita. Tapi belakangan, itu disanggah banyak sekali ahli klinis.

Dari penjelasan beberapa sumber seperti tenaga medis, kalung Shout Out mengandung chlorine dioxide yang merupakan salah satu bahan disinfektan yang biasanya digunakan untuk membersihkan benda-benda.

Apakah jika kandungan dibungkus dalam sebuah wadah dan hanya digantungkan di leher misalnya, lantas bisa menghalau virus?

Dokter spesialis peremajaan kulit, dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) menegaskan, kalung tersebut tidak ada manfaatnya

Jika memang benar mengandung chlorine, maka bisa berisiko bagi kesehatan manusia. Sebab, sesuatu yang tergolong disinfektan bukan untuk digunakan ke permukaan makhluk hidup.

Disinfektan mengandung kompoisisi zat kimia yang dipakai untuk membersihkan, menghambat, dan membunuh kuman atau virus di permukaan benda mati.

Kadar rendah klorin juga dijelaskan dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, menimbulkan batuk, nyeri tenggorokan, iritasi kulit dan mata, serta gatal-gatal.

Sementara kadar klorin yang tinggi dapat membuat sesak napas akibat gangguan pasokan oksigen ke paru-paru dan penyempitan bronkus.

Bagaimana dengan kalung antivirus korona buatan Kementan? Kalung itu ternyata berbasis eucalyptus atau biasa disebut sebagai daun atsiri yang telah melalui uji laboratorium di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).

Atsiri, menurut pengakuan Mentan Syahrul Yasin Limpo, bisa menangkal virus influenza, virus beta, dan gamma corona yang menunjukkan kemampuan membunuh virus sebesar 80-100 persen.

Kalung itu, pada kemasan luarnya, terlihat ada lubang. Belum dijelaskan sejauh ini apa isi dari kotak mainan kalung itu. Sebab dari lubangnya, keluar aroma eucalyptus.

Hasil uji Balitbangtan menyimpulkan, tanaman eucalyptus dengan kandungan senyawa aktif 1,8-cineole (eucalyptol), yang paling efektif membunuh virus orona.

Adapun produk ini belumlah dilempar ke masyarakat. Agustus mendatang, Syahrul menjanjikan bahwa kalung antivirus korona dilepas di pasaran. Pihaknya juga bekerja sama lisensi dengan PT Eagle Indo Pharma.

Rekomendasi