Biasa Dipakai Kerokan, Koin Gopek Kini Dijual Hingga Ratusan Juta

Tim Editor

Uang koin Rp500 (iStockphoto/tanukiphoto)

Jakarta, era.id - Uang koin lawas saat ini tengah mencuri perhatian masyarakat. Setelah uang koin Rp1000 berlogo kelapa sawit bisa dijual dengan harga fantastis, mencapai puluhan juta, kini uang koin Rp500 alias gopek pun menyusul. 

Akun Instagram @lambe_turah mengumpulkan suntingan lapak online yang menjual koin-koin lawas. Harga yang ditawarkan cukup beragam, ada yang berkisar Rp50 juta hingga Rp250 juta.

Uang koin pecahan Rp500 bergambar bunga melati itu dijual dengan harga ratusan juta di marketplace. Koin-koin yang dijual kebanyakan cetakan tahun 1991. Selain itu, ada juga yang menjual koin Rp500 keluaran 1992.

Uang koin Rp500 dijual dengan harga selangit (Foto: Instagram/@lambe_turah)

Entah apa yang membuat harga jual koin-koin tersebut bisa tinggi. Namun, memang biasanya uang kuno memiliki nilai tersendiri. Keberadaannya yang semakin langka dan nilai historikal menjadi alasan harga uang kuno bisa dijual dengan harga mahal.

Namun, uang koin Rp500 saat ini belum begitu langka. Masih banyak masyarakat yang menyimpan uang tersebut.

"Anjir jadi selama ini gw kerokan pakek uang 50 jt," tulis @mas.tof.

"Kebetulan di rumah ada sama nyokap dipake buat kerokan kalo masuk angin," ungkap @rickykalalo.

"aku punya bnyk," kata @septiana_purwaningtyastuti.

"Aku punya nih satu biji suka dipake kerokan." ujar dyulianti96.

Dikutip dari situs wikipedia.org, uang logam Rp500 adalah nilai nominal yang pernah dicetak dan beredar secara resmi di Indonesia. 

Depan belakang Rp500 berwarna dominan kuning emas. Lalu, berat 5,29 gram, tebal 1,8 mm dan diameter 24 mm. Ciri khas dari koin Rp500 adalah lambang negara Garuda Pancasila dan teks Bank Indonesia.

Bahan yang digunakan adalah alumunium perunggu dengan bentuk bulan pipih dan tanggal terbit pada 16 Agustus 1991.

Tag: viral anak nonton porno gopean

Bagikan: