Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Akan Dilelang

| 24 Feb 2018 06:41
Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Akan Dilelang
Ilustrasi (Pixabay)
Los Angeles, era.id – Bekas surat lamaran pekerjaan Steve Jobs akan dilelang pada Maret 2018. Dokumen tersebut akan menjadi bagian dari penjualan budaya pop RR Auction yang akan berlangsung pada 8-15 Maret.

Surat lamaran berusia lebih dari empat dasawarsa itu mencerminkan cita-cita Jobs bekerja dalam bidang teknologi dan desain. Diperkirakan, harganya mencapai 50.000 dolar AS.

Surat yang ditulis pendiri Apple pada 1973 itu juga memuat kesalahan ejaan dan tanda baca. Jobs mencantumkan namanya sebagai "Steven Jobs" dan alamatnya "reed college", serta perguruan tinggi di Oregon tempatnya menuntut ilmu.

Di bagian bawah surat, dalam keterangan "kemampuan khusus", Jobs menuliskan "teknisi atau perancang teknologi digital dari Teluk di dekat Hewitt-Packard", merujuk pada perusahaan teknologi perintis di California, Hewlett-Packard.

Uniknya, meskipun dalam surat lamaran tersebut Jobs menyebutkan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), dia mengatakan, aksesnya untuk transportasi adalah "mungkin, tapi tidak memungkinkan". Di samping kolom "telepon", Jobs menulis "tidak ada".

Namun demikian, dalam surat lamaran itu tidak tercantum kedudukan yang dilamar Jobs.

Dua barang Jobs lainnya akan muncul dalam lelang yang sama, yakni sebuah Mac OS X bermesin manual yang ditandatangani dirinya sendiri pada 2001, senilai 25.000 dolar AS, dan sebuah kliping koran pada 2008 yang juga ditandatanganinya, senilai 15.000 dolar AS, dengan sebuah foto Jobs dan judul utama yang bertuliskan "Baru, iPhone yang lebih cepat akan dijual seharga 199 dolar AS".

Rencananya, lelang tersebut juga akan menampilkan kartu sidik jari asli dari penangkapan Jimi Hendrix pada 1969 di Toronto atas tuduhan obat terlarang, yang ditandatangani oleh gitaris legendaris itu. Nilainya mencapai 15.000 dolar AS. 

Surat cinta mendiang penyanyi Inggris Amy Winehouse kepada suaminya, Blake Fielder-Civil juga akan dilelang. Selain tulisannya, surat Winehouse satu halaman itu menampilkan sketsa bayi buaya dikelilingi gambar hati. Diperkirakan, surat tersebut bernilai sekitar 4.000 dolar AS.

Tags : steve jobs
Rekomendasi