Pilkada NTB, Pertarungan Mantan Pimpinan DPRD

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Grafis (era.id)

Jakarta, era.id - Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah salah satu provinsi dengan destinasi wisata terbaik di Indonesia. NTB unggul dalam potensi sektor agrobisnis dan agrowisata yang terletak di antara Provinsi Bali dan Provinsi NTT.

Jumlah penduduk NTB mencapai 4.500.0012 jiwa yang tersebar di 8 kabupaten dan 2 kota. Seperti halnya NTT, NTB memiliki suku-suku yang beragam dan menjadi mayoritas dari daerah tersebut, yakni Sasak (68 persen), Bima (14 persen), Sumbawa (8 persen), Bali (3 persen), Dompu (3 persen), dan Jawa (2 persen).
 
Di legislatif, DPRD Provinsi NTB memiliki 65 kursi yang diduduki 11 partai, yaitu Partai Golkar (11 kursi), Partai Gerindra (8), Demokrat (8), PKS (6), PPP (6), PKB (5), PDIP (5), PAN (5), Hanura (5), PBB (3), dan Nasdem (3).



Ada empat pasangan calon gubernur-wakil gubernur yang bakal bertarung pada Pilkada NTB. Pasangan pertama M Suhaili- Muhammad Amin yang didukung Golkar, Nasdem, dan PKB.

Suhaili saat ini menjabat Bupati Lombok Tengah. Politisi Golkar itu alumni Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Wakilnya, Muhammad Amin, adalah petahana Wakil Gubernur NTB. Dia pernah menjabat Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa (1999-2009), dan anggota DPRD Provinsi NTB (2009-2013).

Lalu pasangan nomor urut dua, Ahyar Abduh–Mori Hanafi didukung Gerindra, PPP, PAN, PDIP, Hanura, dan PBB. Ahyar adalah Wali Kota Mataram. Pada 2004-2005, politisi Partai Golkar itu menjabat Ketua DPRD Kota Mataram. Lalu Mori merupakan Wakil Ketua DPRD NTB yang berasal dari Bima.

Pasangan nomor urut tiga adalah Zulkieflimansyah–Sitti Rohmi Djalilah yang diusung Partai Demokrat dan PKS. Zulkieflimansyah saat ini menjadi anggota Fraksi PKS di DPR RI, sedangkan Rohmi adalah Rektor Universitas Hamzanwadi Selong, mantan Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur, dan adik Gubenur NTB saat ini, Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi.

Terakhir adalah pasangan Ali Bin Dahlan-Lalu Gede Sakti yang maju dari jalur independen. Ali merupakan Bupati Lombok Timur sedangkan Gede Sakti adalah tokoh Nahdlatul Wathan Anjani.





Tag: pilkada ntb pilihan asyik pilkada 2018

Bagikan: