KPK Berharap Bisa Bergandengan dengan BNN

Tim Editor

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (Foto: tasha/era.id)

Jakarta, era.id - Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan merespon positif pelantikan Irjen Heru Winarko sebagai Kepala BNN. Dirinya berharap Heru mampu membawa nilai-nilai integritas yang telah didapatnya di KPK untuk diterapkan di BNN

"Kami minta dia di sana harus menerapkan hal yang sama seperti di dapatnya di KPK," kata Basaria di Gedung Merah Putih, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis(1/3/2018).

Menurut Basaria, pengalaman Heru selama 2,5 tahun sebagai Deputi Penindakan KPK harus mampu membawa BNN ke arah lebih baik. Dirinya juga berharap agar terobosan kerjasama antara KPK dengan BNN.

"Dalam institusi barunya maka tidak menutup kemungkinan ke depannya akan ada kerja sama antara KPK dan BNN. Sebab dua kejahatan itu sangat mungkin untuk saling bersinggungan," jelas Basaria.

Sementara untuk posisi yang ditinggalkan Heru, Basaria mengaku akan membuka lelang jabatan.

“Nanti akan dibuka siapa saja bisa mendaftar dan kita sudah minta, ke polisi juga minta, ke jaksa minta. Nanti yang menang tender ini melakukan assesment dan penyaringan. Nanti masuknya ke kita, tinggal wawancara aja nanti kita,” tutupnya. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik Heru sebagai Kepala BNN menggantikan Budi Waseso yang memasuki masa pensiun. Dirinya ingin kinerja BNN dengan cita rasa KPK.

"Ya kita ingin agar BNN nantinya memiliki standar-standar yang baik seperti yang mungkin Pak Heru (Kepala BNN baru Heru Winarko) sudah lakukan di KPK. Ada standar-standar yang dibawa dari KPK ke BNN," ucap Jokowi di Istana Negara.

Tag: bnn kpk

Bagikan: