Polri-Kejagung Sodorkan Pengganti Heru Winarko ke KPK

Tim Editor

Heru Winarko dan Agus Rahardjo (Sumber: Setneg)

Jakarta, era.id - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyebut Kejaksaan Agung dan Polri telah mengajukan beberapa nama untuk mengisi posisi Deputi Bidang Penindakan menggantikan Heru Winarko yang sudah dilantik jadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Selain pengganti Heru Winarko, KPK juga tengah menyaring nama-nama pengisi posisi sebagai Direktur Penindakan KPK. 

“Yang bisa kami pastikan memang ada enam orang dari Polri, yaitu tiga calon deputi dan tiga calon direktur penindakan yang disampaikan. Ada juga tujuh orang dari kejaksaan, kita juga jaring dari internal," ujar Febri, Selasa (6/3/2018).

Menurut Febri, seluruh proses penyaringan yang dilakukan KPK saat ini masih pada tahap awalan. "Tapi prosesnya masih sangat awal. Nanti akan kita seleksi tahapan lebih lanjut,” kata Febri.

Febri menjelaskan, para kandidat masih harus menjalani proses administrasi. Karenanya, KPK memastikan akan mempercepat proses penyaringan agar tak mengganggu kinerja tim penindakan selama masa transisi ini.

Soal posisi Direktur Penindakan yang kosong, Febri mengatakan, sebelumnya posisi itu ditempati Aris Budiman. Namun, kini KPK memberi penugasan lain kepada Aris.

“Saya belum dikirim daftar nama tersebut, dan saya kira itu domain dari proses seleksi yang ada di KPK. Kalau kemudian pihak Polri dan kejaksaan membuka daftar sebagai bentuk transparansi, silakan saja. Namun, KPK tidak bisa konfirmasi hal tersebut,” ungkap Febri.

Tag: kpk

Bagikan: