Donald Trump Pecat Menteri Luar Negeri AS

| 14 Mar 2018 05:47
Donald Trump Pecat Menteri Luar Negeri AS
Ilustrasi Presiden AS Donald Trump (Pixabay)
Jakarta, era.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memecat Menteri Luar Negeri Rex Tillerson dari jabatannya. Tanpa alasan yang jelas Trump kemudian menunjuk Direktur CIA Mike Pompeo sebagai Menteri Luar Negeri AS.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (14/3/2018) disebutkan, keputusan Trump untuk memecat Tillerson karena tidak sepemikiran. Salah satunya karena berbeda pandangan terkait kebijakan luar negeri Amerika.

"Sesungguhnya kami bekerja sama dengan baik, tapi kami tak setuju pada beberapa hal," ucap Trump saat konfrensi pers di Gedung Putih seperti dikutip Reuters.

"Contohnya kesepakatan nuklir Iran. Saya pikir itu hal yang buruk. Tapi menurutnya (Tillerson), hal itu baik-baik saja," tambahnya.

Melalui akun Twitter pribadinya @realDonaldTrump, dia berterimakasih atas pengabdian yang telah diberikan oleh Tillerson. Dirinya berharap Menteri Luar Negeri AS yang baru akan melakukan hal yang luar biasa.

 

Pemecatan Tanpa Pemberitahuan

Asisten Menteri Bidang Diplomasi Publik, Steve Goldstein menyatakan bahwa pemecatan yang dilakukan Trump, tanpa sepengetahuan Tillerson. Bahkan Tillerson tak mengetahui kabar pemecatan itu.

Beberapa pakar kebijakan luar negeri mengkritik keputusan dadakan yang diambil oleh Trump. Kendati demikian diakui Trump, ia bisa serasi dan sependapat dengan Direktur CIA Mike Pompeo.

"Dengan Mike, Mike Pompeo, kami memiliki cara berpikir yang mirip. Saya rasa itu akan berjalan dengan baik," kata Trump seperti dikutip Reuters.

Selain mengucapkan terima kasih kepada Tillerson melalui akun Twitter resminya. Dia juga langsung menunjuk Gina Haspel sebagai Direktur CIA yang baru. Gina akan menjadi wanita pertama yang memimpin lembaga intelejen Amerika itu.

"Mike Pompeo, Direktur CIA, akan menjadi Menteri Luar Negeri kita yang baru. Dia akan melakukan pekerjaan yang fantastis! Terima kasih untuk Rex Tillerson atas pelayanannya! Gina Haspel akan menjadi Direktur baru CIA, dan wanita pertama yang terpilih. Selamat untuk semuanya!," tulis Trump pada akun Twitternya @realDonaldTrump.

Tags : donald trump
Rekomendasi