Badai Bikin Warga Makassar Merana, Satu Tiang Listrik Roboh di Antang

| 02 Apr 2021 10:00
Tiang listrik tumbang di Jalan Antang Raya poros Baruga (Teropong Kota Makassar, Facebook)

ERA.id - Makassar dilanda badai atau angin kencang hebat pada Kamis (1/4/2021) hingga Jumat dini hari (2/4/2021). Di media sosial, banyak yang ketakutan dan was-was dengan cuaca yang melanda kota berjuluk kota Anging Mammiri tersebut.

Seorang warga Kampung Baru Antang, Fatimah, mengaku bahwa listrik tetangganya padam selama berjam-jam karena badai. Akhirnya, kegelapan pun melanda lingkungan tempat tinggalnya selama berjam-jam.

Saat dihubungi oleh ERA.id pada malam kemarin, ia mengaku hingga saat ini listrik masih padam dan lampu belum menyala. "Ini rumahku ambil listrik dari jaringan Baruga, syukur di sini tidak mati lampu. Tetangga yang lain malah mati lampu, sudah lama, belum menyala juga," terang Fatimah.

Saat memastikan kebenaran soal robohnya tiang listrik di dekat rumahnya, di Jalan Antang Raya poros Baruga, ia membenarkan hal tersebut. Sebelumnya, beredar foto viral yang menunjukkan gambar tiang listrik roboh menimpa jalanan.

"Iya, roboh tiang listrik."

Humas PT.PLN Persero Bidang UIW Sulawesi Selatanm Suhardi Asman mengungkapkan peristiwa tiang listrik yang tumbang dengan tegangan tinggi tersebut, akibat pohon yang terkena angin kencang mengenai kabel listrik yang tersambung. "Akibat pohon tumbang," jelas Suhardi, Jumat (2/4/2021).

Semua terjadi karena tiang itu tak kuat menahan beban pohon yang lebih dulu tumbang. "Itu sementara padam dulu karena sistem terputus," ungkapnya.

Mengetahui peristiwa ini, tim PLN dari sektor Kecamatan Panakkukang langsung diterjunkan untuk menangani masalah tiang listrik yang roboh akibat pohon tumbang dan melintang di tengah jalan. Adapun soal pembenahan dari tiang listrik yang roboh kali ini, tergantung seberapa besar kerusakan yang ditimbulkan oleh pohon yang tumbang

"Sementara tahap pembenahan oleh tim PLN Panakkukang, prosesnya tergantung kondisi tiangnya dan saat ini sementara proses pekerjaan 90 persen," tutur Suhardi.

Bukan cuma tiang, di media sosial, beberapa warganet menginformasikan bahwa pohon besar juga tumbang. Salah satunya pohon yang berada di depan Kimia Farma, Jalan Hertasning. Info tersebut dari akun Twitter @akbarsyamsuri22.

"Pohon tumbang depan kimia farma hertasning," tulisnya.

Di kabupaten tetangga, Gowa, ada juga pohon yang tumbang dan menimpa sebuah rumah. Informasi tersebut dibagikan oleh akun @daeng_info.

Rekomendasi