Murid Nabi Isa yang Diyakini Masih Hidup sampai Hari Ini, Didoakan Panjang Umur sampai Kiamat

| 03 Apr 2021 13:36
Murid Nabi Isa yang Diyakini Masih Hidup sampai Hari Ini, Didoakan Panjang Umur sampai Kiamat
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

ERA.id - Nabi Isa AS merupakan salah satu dari 25 nabi dan rasul dalam Islam yang harus diimani. Ia lahir pada tahun 622 sebelum hijriah dari rahim seorang perempuan suci bernama Maryam, tanpa seorang ayah. Siapa yang menyangka jika murid Nabi Isa AS ternyata masih hidup sampai hari ini. Ia bernama Zarnab bin Bar'ala.

Kisah ini terjadi pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab. Saat itu, wilayah Qadisiyah yang termasuk kota besar di Persia (Iran dan Irak sekarang) berhasil ditaklukan sahabat Sa'ad bin Abi Waqqash. 

Pada suatu kesempatan, Umar bin Khattab pernah memerintahkan Sa'ad mengirimkan sahabat Nadhlah bin Muawiyah untuk menaklukan Hulwan, yang masih termasuk wilayah Persia. Dengan kekuatan 300 tentara berkuda, Nadhlah melakukan pengepungan Kota Hulwan, dalam beberapa waktu lamanya hingga mereka menyerah dan menyatakan takluk pada Madinah.

Setelah itu, Nadhlah bin Muawiyah memutuskan kembali ke Qadisiyah dengan membawa jizyah dan ghanimah yang banyak. Di tengah perjalanan, mereka singgah di dataran di bawah pegunungan karena telah masuk waktu salat.

Ia pun kemudian bangkit untuk mengumandangkan azan. Namun, yang mengagetkan di sela-sela sahutan azan dari pasukannya, terdengar suara lain dari atas gunung yang menimpali panggilan azannya, dikutip umma.id.

Suara itu pun terdengar cukup jelas. Ketika ia melantunkan, "Allahu Akbar Allahu Akbar (2x)".

Terdengar suara jawaban, "Engkau telah mengagungkan Dzat Yang Maha Besar, wahai Nadhlah!".

Ketika ia melantunkan, "Asyhadu allaa ilaaha illallaah (2X)".

Terdengar suara jawaban, "Itu adalah kalimat ikhlas, wahai Nadhlah!".

Ilustrasi (Foto: Istimewa) 

Ketika ia melantunkan, "Asyhadu anna muhammadar Rasulullaah (2)".

Terdengar suara jawaban: "Wahai Nadhlah, dia (Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam itu) adalah orang yang diberitahukan Nabi Isa AS kepada kami!"

Ketika ia melantunkan, "Hayya 'alash sholaah (2x)".

Terdengar lagi suara jawaban, "Sungguh beruntunglah orang yang mengerjakannya secara istiqomah!"

Ketika ia melantunkan, "Hayya 'alal falaah(2x)".

Terdengar suara jawaban, "Sangatlah beruntung orang yang memenuhi ajakan Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam, itu adalah jaminan bagi umat Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam!"

Ketika ia melantunkan, "Allahu Akbar Allahu Akbar, laa ilaaha illallaah".

Terdengar suara jawaban, "Kamu benar-benar ikhlas wahai Nadhlah, sungguh Allah akan mengharamkan jasadmu dari api neraka!"

Usai azan dilantunkan Nadhlah, ketakutan sempat menyelimuti mereka. Meskipun perkataan gaib itu membenarkan keislaman dan apa yang sedang mereka lakukan.

Maka Nadhlah sebagai pimpinan rombongan pasukan itu berkata, "Wahai hamba Allah, siapakah engkau? Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepadamu. Apakah engkau malaikat, jin atau hamba Allah lainnya? Engkau telah memperdengarkan suaramu kepada kami, maka tunjukkanlah bentuk tubuhmu!! Aku adalah tentara Allah, balatentara Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, dan balatentara Umar bin Khaththab!"

Tiba-tiba muncul seseorang yang sangat tua, berambut dan berjenggot putih, memakai pakaian bulu yang sangat sederhana, dan berkata, "Assalamu ‘ alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh!!"

Ilustrasi (Foto: Istimewa) 

Nadhlah dan kawan-kawannya berkata, "Wa `alaikassalam warahmatullaahi wabarakaatuh, siapakah engkau ini? Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat-Nya kepadamu."

Orang tua itu berkata, “Aku adalah Zarnab bin Bar’ala, murid, sahabat dan orang yang sangat dipercaya oleh Nabi Isa. Aku ditempatkan di gunung ini dan didoakan Nabi Isa panjang umur hingga waktunya beliau turun lagi ke bumi dari langit."

Nadhlah dan kawan-kawannya terheran-heran mendengar perkataannya itu. Kalau melihat begitu tuanya, bisa jadi memang benar perkataannya itu. Tetapi tampak sekali kalau dia masih sangat kuat dan kokoh di balik penampilan ketuaannya, tidak ada tanda-tanda kelemahan sama sekali.

Zarnab bin Bar'ala lantas berkata lagi, "Karena aku tidak bisa bertemu langsung dengan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, begitu juga dengan Umar bin Khattab, maka sampaikanlah salamku kepadanya, dan sampaikanlah ucapanku ini kepadanya."

Zarnab melanjutkan perkataannya, "Wahai Umar, bekerjalah yang keras, karena sesungguhnya hari kiamat telah sangat dekat. Dan sampaikanlah kepada umat Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam, jika nanti telah terjadi peristiwa-peristiwa di antara mereka, apa-apa yang akan aku sampaikan, hendaklah mereka lari, hendaknya mereka menghindari sejauh-jauhnya, jangan sampai terjatuh kepada hal-hal itu."

Rekomendasi