Heboh Jarum Infus Novanto untuk Anak Kecil, Dokter: Itu Wajar

Tim Editor

Setya Novanto dirawat (istimewa)

Jakarta, era.id - Foto perawatan Novanto di rumah sakit kembali menjadi perdebatan publik. Seorang warganet mengkritik jarum infus Novanto saat dirawat di RS Medika Permata Hijau.

Akun Instagram dengan nama @adiwiyarsaxoboy mempertanyakan, mengapa Novanto menggunakan jarum infus warna Kuning yang biasanya dipakai untuk anak-anak.

"Saya yakin rumah sakit sebesar itu punya stok jarum infus untuk dewasa," tulis akun @adiwiyarsaxoboy tersebut.

Seorang dokter umum di sebuah rumah sakit, dr. Muhammad Husein menanggapi, jarum infus berwarna kuning yang digunakan oleh Novanto adalah hal yang wajar.

"Itu masuk golongan yang mikro, yakni 60 tetes per menit," papar dokter ini, merujuk pada jarum infus Novanto yang berwarna kuning itu.

"Jarum itu kan hanya membantu masuk ke vena. Yang dimasukkan, kan sebenarnya selang lembut yang menghantarkan cairan," tutur Husein saat dihubungi era.id, Sabtu (18/11/2017).

Ia lantas menjelaskan bahwa jarum infus warna kuning itu biasanya digunakan oleh anak-anak dan orang berusia lanjut, terutama yang memiliki vena berukuran kecil.

"Kebutuhan cairan anak-anak dan orang berusia lanjut biasanya lebih banyak dan asupannya harus lebih cepat, oleh sebab itu, digunakanlah yang ukuran 24, yang berwarna kuning," tuturnya.

Menurutnya, hal yang terpenting adalah dosis cairannya harus sesuai dengan kebutuhan pasien. "Tidak ada yang salah dan janggal dengan jarum infus Setya Novanto," tutupnya.

Bagikan: