10 Ribu Buruh Mau Demo besar-besaran Sehari Jelang Bulan Puasa

Tim Editor

KSPI (dok. KSPI)

ERA.id - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar aksi besar-besaran pada Senin (12/4) nanti.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, aksi tersebut bakal diikuti puluhan ribu buruh di seluruh Indonesia. Mereka akan menyampaikan tiga tuntutan.

Pertama, mendesak Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan dibayarkan penuh bukan dicicil. Kedua yakni menolak Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Terakhir, meminta agar upah minimum sektoral kabupaten/kota diterapkan.

"Model aksi besar-besaran yang akan dilakukan di lebih 20 provinsi, lebih dari 1.000 pabrik, dan melibatkan berbagai sektor: banking, logistik, teksti, pariwisata, dan lain-lain," kata Said dalam konferensi pers virtual, Senin (5/4/2021).

Nantinya aksi jelang bulan puasa itu tak terpusat hanya di ibu kota melainkan juga di berbagai daerah. Khusus di Jakarta, aksi akan digelar di depan MK sebagai simbol penolakan atas omnibus law UU Cipta Kerja.

Sementara itu, di daerah, buruh akan berdemonstrasi di kantor gubernur masing-masing.

“Lokasinya di lingkungan perusahaan di dalam pabrik. Kan sudah masuk dalam protokol kesehatan. Kalau dilarang berarti orang yang sedang bekerja disuruh pulang juga dong," ucapnya.

Tag: demo buruh kspi

Bagikan: