Berikut Keutamaan Salat Tahajud di Bulan Ramadan, Salah Satunya Doa Cepat Terkabul

Tim Editor

Ilustrasi (Foto: wallpaperaccess.com)

ERA.id - Bulan Ramadan merupakan momentum untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tujuannya agar mendapatkan ampunan dan pahala yang berlipat ganda, serta keridhaan dari Allah SWT.

Selain dengan berpuasa, kamu juga bisa menambah pundi-pundi pahala dengan melaksanakan ibadah sunnah. Salah satunya salat Tahajud. Banyak keutamaan salat tahajud yang dijanjikan Allah SWT, apalagi jika dilaksanakan di bulan Ramadan seperti saat ini.

Untuk diketahui, salat malam merupakan salat yang paling utama setelah salat maktubah (lima waktu)

Sabda Rasulullah ﷺ:  

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ، شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ، صَلَاةُ اللَّيْلِ

Artinya: Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Sebaik-baik shalat setelah shalat fardlu adalah shalat malam. (HR Muslim)

1. Mendapat banyak pahala seperti sedekah yang dilakukan secara rahasia

Jika dibanding dengan shalat siang itu seperti keutamaan sedekah yang dilakukan secara sirr (rahasia) dibanding sedekah yang dilaksanakan secara terang-terangan di depan publik. Selisih perbandingan antara keduanya adalah 70 kali lipat.

Sabda Rasulullah ﷺ:  

 فَضْلُ صَلَاةِ اللَّيْلِ عَلَى صَلَاةِ النَّهَارِ كَفَضْلِ صَدَقَةِ السِّرِّ عَلَى صَدَقَةِ الْعَلَانِيَةِ  

Artinya: “Keutamaan shalat malam dibanding shalat siang seperti keutamaan sedekah sirr dibandikan dengan sedekah terang-terangan. (Hilyatul Auliya’, juz 4, hlm. 167)  

2. Salat tahajud merupakan ibadah orang saleh

Salat malam adalah ibadah yang menjadi ciri khasnya orang-orang saleh. Berbeda dari ibadah lain yang biasa dikerjakan orang-orang pada umumnya.

Misalnya sedekah. Sedekah merupakan ibadah yang baik, namun sedekah biasa dilakukan oleh orang saleh, preman, bahkan non-Muslim sekali pun, semuanya bisa menjalankan sedekah. Begitu pula kesetiakawanan, tolong-menolong dan ibadah-ibadah lain, bisa dilakukan siapa pun.

Berbeda dari salat malam, bisa dikatakan hanya dilakukan oleh orang yang benar-benar saleh. Karena itu bagian dari ibadah yang tidak populer.  

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ، وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللهِ، وَمَنْهَاةٌ عَنِ الإِثْمِ، وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ، وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنِ الجَسَدِ  

Artinya : "Hendaknya kalian melakukan shalat malam, karena shalat malam adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, dan sesungguhnya shalat malam mendekatkan kepada Allah, serta menghalangi dari dosa, menghapus kesalahan, dan menolak penyakit dari badan." (Sunan At-Tirmidzi: 3549)  

3. Merupakan kebangaan di mata Allah

Allah membanggakan hambanya yang melakukan salat tahajud kepada para malaikat. Dalam sebuah atsar disebutkan:  

 إن الله يعجب من العبد إذا قام من على فراشه وبين أهله إلى صلاته ويباهى به ملائكته ويقبل عليه بوجهه الكريم.  

Artinya: “Sesungguhnya Allah membanggakan hambanya kepada para malaikat ketika hamba tersebut berdiri meninggalkan tempat tidurnya dan keluarganya menuju shalat dan Allah menerima hamba tersebut.” (Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad, Risalatul Mu’awanah wal-Mudzaharah wal-Muazarah, [Darul Hawi: 1994], hlm. 40-41).  

4. Semua doa kebaikan yang dipanjatkan pasti akan dikabulkan oleh Allah

Rasulullah ﷺ:  

 إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ، يَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ، وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ  

Artinya: “Sesungguhnya di dalam malam terdapat waktu yang jika ada seorang muslim meminta kepada Allah dengan kebaikan baik urusan dunia maupun akhirat, pasti Allah akan memberikannya. Dan waktu tersebut adalah sepanjang malam.” (HR Muslim)

Meski Ramadan sudah berjalan selama beberapa hari, ada baiknya kita mulai memperbanyak ibadah sunah lainnya seperti salat tahajud.

Semangat ya dalam menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya.

Tag: eramadan ramadan 2021 salat tahajud keutamaan salat tahajud tahajud

Bagikan: