Batas Waktu Salat Tahajud, Beserta Keutamaannya yang Luar Biasa

| 23 Dec 2022 23:02
Batas Waktu Salat Tahajud, Beserta Keutamaannya yang Luar Biasa
Ilustrasi salat tahajud (Foto: Pixabay)

ERA.id - Salah satu amalan yang dianjurkan dan selalu dilakukan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya adalah salat tahajud. Dalam haditsnya, bahkan Nabi bersabda bahwa salat yang dijalankan pada malam hari ini adalah salat yang terbaik setelah salat wajib. Berikut hadits yang dimaksud:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: "Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Muharram. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam." (HR Muslim)

Bagi umat yang melaksanakan salat tahajud, Rasulullah SAW telah menjelaskan keutamaan yang akan diperoleh. Salah satunya pernyataan Allah yang akan mengabulkan permintaan hamba yang berdoa padaNya.

Keutamaan Salat Tahajud

Ilustrasi (Photo by afiq fatah on Unsplash)

Rasulullah SAW juga telah menjelaskan keutamaan yang didapatkan bagi umat yang menjalankan salat tahajud yang berupa hadits qudsi atau perkataan langsung dari Allah SWT:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: Allah Tabaraka wa Ta'ala turun ke langit dunia pada setiap malamnya hingga tersisa sepertiga malam yang terakhir, Allah berfirman, "Siapa yang berdoa kepada-Ku, akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, akan Aku ampuni." (HR Bukhari).

Dengan keutamaan yang dijelaskan tersebut, tak heran bila umat Islam mau melaksanakan salat tahajud dengan sebaik-baiknya.

Salah satunya adalah dengan memahami batas waktu salat tahajud, sehingga bisa melaksanakan ibadah yang dianjurkan ini secara tepat waktu.

Kapan Batas Waktu Salat Tahajud?

Mengutip buku Sholat Tahajud & Kebahagiaan karya dari Abd Muqit, jika dikonversi menjadi waktu Indonesia, berarti waktu sepertiga malam dimulai pada pukul 22.00 WIB. Adapun pengertian tengah malam yaitu pukul 00.00.

"Lebih sedikit dari tengah malam kira-kira pukul 01.00 WIB. Sedangkan sepertiga malam terakhir sekitar pukul 03.00 WIB. Yang lebih afdhal adalah melaksanakan salat tahajud di sepertiga malam terakhir," demikian buku tersebut menjelaskan.

Meskipun demikian, sebetulnya tidak ada batas waktu spesifik untuk menjalankan salat tahajud. Salat ini dapat dilakukan setiap saat pada malam hari sesudah Isya. Salat ini juga lebih bagus dilaksanakan setelah bangun tidur atau ketika Anda belum sempat terlelap.

Terkait batas waktu salat tahajud tidak spesifik diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan Anas bin Malik. Rasulullah SAW sempat melakukan salat tahajud pada awal, pertengahan, dan akhir malam.

مَا كُنَّا نَشَاءُ أَنْ نَرَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي اللَّيْلِ مُصَلِّيًا إِلَّا رَأَيْنَاهُ وَلَا نَشَاءُ أَنْ نَرَاهُ نَائِمًا إِلَّا رَأَيْنَاهُ

Artinya: "Tidaklah kami bangun agar ingin melihat Rasulullah SAW di malam hari mengerjakan salat kecuali pasti kami melihatnya. Dan tidaklah kami bangun melihat beliau dalam keadaan tidur kecuali pasti kami melihatnya pula." (HR Bukhari)

Hal yang sama juga dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan sahabat Nabi SAW,

إِنَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ وَأَحَبَّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَكَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Artinya: "Sesungguhnya puasa yang paling dicintai di sisi Allah adalah puasa Daud dan shalat yang dicintai Allah adalah shalatnya Nabi Daud AS. Beliau biasa tidur di separuh malam dan bangun tidur pada sepertiga malam terakhir. Lalu beliau tidur kembali pada seperenam malam terakhir. Nabi Daud biasa sehari berpuasa dan keesokan harinya tidak berpuasa." (HR Bukhari).

Demikianlah penjelasan tentang salat tahajud dan batas waktu pelaksanaannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi keberkahan untuk kita.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : tahajud ibadah
Rekomendasi