Polisi Tembak Kaki Munarman karena Berusaha Melawan Petugas? Cek Faktanya

Tim Editor

Hoaks Munarman ditembak polisi. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Sebuah akun YouTube bernama Skema Politik mengunggah video dengan sampul gambar Munarman yang sedang dipapah oleh pihak kepolisian. Pada judul kemudian ditulis, "Berusaha Melawan Petugas, Munarman Didoor Ditempat".

"Mengejutkan! Nasib Petinggi FP1 Berakhir. Berusaha Melawan Petugas, Munarman Didoor Ditempat," demikian tulis narasi pada gambar tersebut.

Setelah dilakukan penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, kabar bahwa Munarman berjalan dengan menggunakan tongkat adalah hoaks. Sampul gambar pada video youtube ternyata telah diedit menggunakan gambar lain.

Melalui pencarian gambar Google, gambar asli yang digunakan pada sampul video ternyata adalah gambar seorang tahanan dari Polresta Malang yang ditembak usai mencoba kabur. Artikel dari Detikcom dan Malangvoice ini memperlihatkan tahanan tersebut berjalan menggunakan tongkat dengan dibantu oleh seorang petugas. Petugas dalam foto artikel pun sama dengan petugas yang ada di sampul video Youtube tersebut.

Jika melihat isi dari video, tidak ditemukan pernyataan yang menyebut bahwa Munarman telah ditembak oleh petugas sehingga harus berjalan menggunakan tongkat. Video tersebut hanya memberitakan terkait kasus Munarman dan kronologi penangkapan.

Munarman sendiri dikabarkan telah ditangkap oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di kediamannya di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan pada Selasa (27/4/2021) sore. Ia ditangkap atas dugaan keterlibatannya dalam pembaiatan ISIS di UIN Jakarta, Medan, dan Makassar.

Eks kuasa hukum Rizieq Shihab itu juga disebut berperan dalam membuat jaringan JAD dan ISIS di Indonesia.

Usai penangkapannya, Munarman kemudian ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya. Sampai saat ini, belum ditemukan perkembangan apapun terkait kasus ini.

Jadi dapat disimpulkan bahwa foto yang disebutkan merupakan foto Munarman berjalan menggunakan tongkat karena ditembak oleh petugas, adalah hoaks kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Tag: polri berita hoaks polisi cek fakta munarman munarman ditangkap

Bagikan: