Larang Masyarakat Mudik, Tapi Jokowi Pulang ke Solo? Begini Jawaban Gibran

Tim Editor

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah yang jatuh bertepatan pada Minggu (24/5/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

ERA.id - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka memastikan ayahnya tak mudik pada momen lebaran tahun ini. Hal ini dilakukan untuk mendukung kebijakan yang dibuat oleh Jokowi sendiri yang melarang warga masyarakat pulang ke kampung halaman.

Hal ini disampaikan Gibran pada Kamis (22/4/2021). Ia memastikan bahwa Presiden Jokowi tidak mudik di lebaran tahun ini.

"Nggak, bapak nggak mudik," kata Gibran.

Sebagai informasi, setiap tahun Presiden Joko Widodo tak pernah absen mudik ke Solo yang merupakan rumah asal dan kampung halamannya. Biasanya Jokowi pulang ke Solo pada hari pertama setelah Salat Idulfitri

Namun, tahun ini Jokowi absen mudik karena masih dalam masa pandemi. Selain itu, pemerintah juga telah memberikan anjuran untuk tidak mudik saat lebaran. Lagi pula, Pemkot Solo juga telah mengeluarkan larangan mudik lebaran pada 1-17 Mei mendatang. Di mana larangan ini dikeluarkan oleh putra sulung Jokowi, yang sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Untuk mengantisipasi pemudik, Pemkot Solo bahkan menyiapkan rumah karantina di Solo Techno Park (STP). "Kita sediakan dua tempat, tapi kita akan pakai STP dulu," kata Gibran.

Para pemudik yang membandel akan dikarantina selama lima hari di STP. Namun jika mereka menginginkan karantina mandiri di Hotel, Pemkot Solo memperbolehkan dengan menggunakan biaya sendiri.

"Ya bagi yang mampu saja," kata Gibran.

Tag: jokowi lebaran mudik lebaran 2019 gibran rakabuming Mudik Lebaran 2021 mudik 2021 Pemerintah Larang Mudik

Bagikan: