Demokrat Makin Yakin Agus Yudhoyono Capres

Tim Editor

Agus Harimurti Yudhoyono (Instagram)

Yogyakarta, era.id - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan partainya tengah mempersiapkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon presiden atau calon wakil presiden untuk Pemilihan Umum 2019.  Menurut Hinca, Agus adalah salah satu figur terbaik Partai Demokrat yang potensial meraih dukungan publik.

"Tentulah semua partai politik menginginkan (capres/cawapres) dari dirinya. Partai Demokrat mempersiapkan mas AHY," kata Hinca, seperti dikutip Antara, di sela-sela acara "Ngopi Bareng SBY", di Angkringan Pendopo Lawas, Yogyakarta, Minggu (8/4/2018) malam.

Hinca menyampaikan, elektabilitas Agus Yudhoyono cukup tinggi. Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Political Communication Institute (Polcomm), 21 persen responden menginginkan Agus menjadi capres jika poros ketiga jadi terbentuk. 

Dukungan untuk Agus lebih tinggi dibanding Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan elektabilitas 15,33 persen, mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo 12,33 persen, mantan Ketua MK Mahfud MD 10,25 pesen, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dengan 9,42 persen.

Adapun poros ketiga kemungkinan bakal diisi Partai Demokrat, PAN, dan PKB, untuk menyaingi poros yang dimotori PDI Perjuangan dengan mengusung Joko Widodo sebagai capres, dan poros yang dimotori Partai Gerindra yang masih menginginkan mengusung Prabowo Subianto sebagai capres.

Baca Juga : Poros Ketiga Perlu Keajaiban

Saat ini Agus terus berkeliling menemui warga di banyak daerah sekaligus untuk mengampanyekan calon kepala daerah yang didukung Partai Demokrat. Dia sudah dilantik jadi Kogasma oleh Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan bertanggungjawab pada upaya pemenangan Demokrat dalam Pilkada 2018.

Hinca menyampaikan, Demokrat akan memastikan koalisi pada waktu yang tepat. Partai Demokrat, kata dia, terus membangun komunikasi dengan partai-partai lainnya sambil memantau persiapan Pilkada 2018, terutama di enam provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Di enam provisi tersebut, kata Hinca, adalah daerah yang padat penduduk dan sekitar 74 persen pemilih pada pilkada serentak 2018 adalah pemilih pada Pilpres 2019.

"Karena itu, Partai Demokrat baru akan menentukan sikapnya setelah pilkada, akan membentuk poros baru atau bergabung dengan koalisi yang sudah ada," ucap Hinca.

Tag: pilpres 2019 agus yudhoyono partai demokrat poros ketiga

Bagikan: