Seorang Bupati di Jawa Barat Kena OTT

Tim Editor

Gedung KPK. (Tasya/era.id)

Jakarta, era.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT). Kali ini operasi senyap tersebut dilakukan di Bandung Barat, Jawa Barat.

“Tadi saya cek memang ada kegiatan tim penindakan di lapangan. Ada penyelenggara negara dan sejumlah pihak yang diamankan di salah satu Kabupaten di Jawa Barat,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi awak media, Selasa, (10/4/2018).

Menurut Febri, ada sekitar tujuh orang yang diamankan dalam operasi tersebut dan sebagian dibawa ke Gedung KPK di Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan awal. Salah satunya adalah Bupati Bandung Barat, Abu Bakar. Namun, masih belum diketahui kasus ini.


“Salah satu yang tadi diamankan adalah Bupati aktif dan sejumlah PNS,” ungkap Febri.


(Infografis anggota legislatif yang ditangkap KPK karena tersangkut korupsi/era.id)

OTT ini menambah panjang nama kepala daerah yang terjaring OTT. Bulan lalu, KPK menjaring belasan orang dalam operasi tangkap tangan terkait suap kebutuhan persetujuan DPRD di Lampung Tengah. Belasan orang itu ditangkap di dua lokasi, Lampung dan Jakarta.

"Jadi, kami konfirmasi ada tim lapangan di Lampung dan Jakarta, 14 orang ada di Lampung dan Jakarta. Unsur DPRD, pejabat Pemda, satu pihak swasta, Pemda itu merupakan pejabat dan pegawainya," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Kamis (15/2/2018) dini hari.

Suap ini dilakukan karena kebutuhan persetujuan anggota DPRD terhadap Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah untuk pengajuan pinjaman daerah ke perusahaan atau perseroan di bawah Kementerian Keuangan hingga ada pihak swasta.  Jumlah suap ini mencapai Rp1 miliar yang dibungkus dalam beberapa kardus. Kardus itu berisi uang pecahan Rp50.000 dan Rp100.000.

Keesokan harinya, KPK menetapkan Bupati Lampung Tengah Mustafa sebagai tersangka. Selain Mustafa, KPK juga menetapkan tersangka atas nama Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Lampung Tengah, Taufik Rahman, kemudian penerima suap Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lampung Tengah J Natalis Sinaga dan Anggota DPRD Lampung Tengah Rusliyanto.

Tag: ott kpk

Bagikan: