Minum Minuman Panas dan Menghirup Uap Panas Ampuh Membunuh Virus Corona dengan Cepat, Cek Faktanya

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Beredar pesan berantai di aplikasi pesan WhatsApp yang menyebut jika meminum minuman panas dan menghirup uap panas bisa membunuh virus corona. 

Informasi berbentuk video melalui pesan berantai di WhatsApp itu menyatakan bahwa muncul kasus Covid-19 baru di Tiongkok. Namun, tidak menelan korban sebab masyarakat Tiongkok rajin meminum air panas 6 kali sehari, meminum susu panas dan teh panas 4 kali sehari, serta rajin menghirup uap panas. 

Video tersebut juga menyatakan bahwa jika rajin melakukan kebiasaan tersebut, maka virus Corona yang berada di dalam tubuh akan perlahan-lahan mati.

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, WHO melalui situs resminya telah menegaskan bahwa tidak ada hasil penelitian yang menemukan bahwa meminum minuman panas dan menghirup uap panas dapat membunuh virus Corona. 

Lebih lanjut, hasil penelitian oleh sekelompok peneliti dari Universitas St. Thomas, Minnesota, Amerika Serikat menyatakan bahwa meskipun temperatur tinggi dapat melemahkan partikel virus Corona yang berada di permukaan suatu benda, metode tersebut tidak dapat memberikan hasil yang efektif ketika virus Corona telah masuk ke dalam tubuh manusia.

Video serupa juga pernah beredar pada November 2020 lalu. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Minum Air Panas, Susu Panas, Teh Panas dan Menghirup Uapnya Dapat Membunuh Virus Corona” yang diunggah pada 27 November 2020.

Dengan demikian, video yang beredar melalui pesan berantai di WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content. 

Tag: covid-19 di indonesia pandemi COVID-19 corona hoaks corona

Bagikan: