Daftar Minuman Segar Ini Ternyata Ampuh Turunkan Berat Badan

Tim Editor

Minuman menurunkan berat badan (Foto: Unsplash/LYFE Fuel)

ERA.id - Memiliki berat badan yang ideal merupakan dambaan semua orang. Namun, tak semua orang bisa menjaga berat badannya karena gaya hidup dan pola asupan tak teratur. Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, menjaga pola makan saja tak cukup.

Banyak orang yang berdiet untuk menurunkan berat badan dan tidak menyadari jika minuman bisa menyumbang banyak kalori. Faktanya, orang dewasa rata-rata minum sekitar 340 kalori dari minuman setiap harinya. Hal ini diungkapkan oleh penelitian yang diterbitkan di Obesity pada November 2017.

Menghitung asupan kalori dari minuman sama pentingnya dengan makanan. Namun, bukan berarti kamu yang sedang menurunkan berat badan tak bisa menikmati minuman segar dan enak. Dikutip dari Livestrong pada Kamis (5/8), berikut 5 minuman segar dan enak yang bisa menurunkan berat badan:

1. Air putih

Clear Glass H2o Bottle
Air putih (Foto: Pexels/Snapwire)

 

Air putih atau H2O merupakan minuman terbaik untuk dikonsumsi. Selain menghidrasi tubuh, air juga ampuh untuk menurunkan berat badan. Air mengandung nol kalori sehingga tidak menambah asupan kalori.

Selain itu, minum air sebelum makan akan membuat porsi makan lebih sedikit. Hal ini dibuktikan oleh penelitian pada Februari 2010 yang diterbitkan di Obesity. Dalam penelitian tersebut, peserta menjalani diet hipokorik dan dibagi menjadi dua kelompok. Satu grup minum 2 gelas air sebelum makan dan grup sisanya tidak. Setelah 2 minggu, grup yang mengonsumsi air putih sebelum makan, mengalami penurunan berat badan sebanyak 2,25 kg. 

2. Kopi

Kopi hampir nyaris tak mengandung kalori. Kopi sangat cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Yang terbaik adalah kopi hitam atau pahit karena hanya mengandung 2 kalori. Bukan kopi susu atau kemasan yang sudah ditambahkan gula atau krimer.

Menurut sebuah studi pada Agustus 2017 yang diterbitkan di Journal of Food Science, kafein membuat rasa kopi menjadi kurang manis dibandingkan rasa aslinya. Jika kamu minum kopi berkafein bisa mengacaukan siklus tidurmu yang bisa membuatmu mengalami kenaikan berat badan.

3. Teh Hijau

Hot tea cup on wooden table in the morning Premium Photo
Teh hijau (Foto: Freepik/doucefleur)

Seperti halnya air dan kopi, teh hijau sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Satu cangkir teh hijau mengandung nol kalori. Apabila kamu minum teh hijau tanpa tambahan gula, tentu cara ini sangat ampuh untuk menurunkan berat badan.

Riset tahun 2010 yang diterbitkan di Journal of the American Collage of Nutrition tercatat setelah 8 minggu orang yang minum 4 cangkir teh hijau setiap hari mengalami penurunan berat badan signifikan, dibandingkan dengan orang yang hanya minum air putih saja.

Teh hijau memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Kandungan antioksidan dalam teh hijau bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung, mencegah kanker, hingga penuaan dini. 

4. Air Lemon

Selain menyegarkan, infused water juga mendorong orang-orang agar lebih banyak minum air putih supaya terhindar dari dehidrasi. Minum air lemon membuat perut terasa kenyang lebih lama karena kandungan polyphenol lemon. Dalam riset di terbitkan di Food & Function pada Juli 2018 menyatakan minum air lemon memang tak terlalu berpengaruh besar untuk menurunkan berat badan. Tapi setidaknya bisa mendapat asupan vitamin C tambahan dari jeruk lemon.

5. Protein Shakes

Black and Gray Metal Tool
Protein shakes (Foto: Pexels/Chait Goli)

Protein shakes adalah salah satu minuman sehat yang bisa menurunkan berat badan. Maka dari itu, sangat perlu minum dengan kandungan protein untuk menurunkan berat badan turun. Minuman kaya protein bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Tapi ingat, kamu juga perlu mengasup protein dari bahan makanan seperti daging, telur, susu dan kacang-kacangan agar mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Tag: kesehatan diet

Bagikan :