<i>Ngebut</i> Persiapan Asian Games 2018
<i>Ngebut</i> Persiapan Asian Games 2018

Ngebut Persiapan Asian Games 2018

By Melisa Lolindu | 20 Apr 2018 14:13
Jakarta, era.id - Penyelesaian infrastruktur untuk Asian Games 2018 terus dikebut. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan persiapan infrastruktur rampung pada Juli 2018 mendatang. Sebanyak 58 lokasi akan dipakai. 14 di antaranya sedang direhabilitasi, dan tersebar di Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat. Menurut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, koordinasi dan sinergi juga dilakukan dengan pihak-pihak terkait. 

"Progres hampir selesai semua. Paling lambat Juli. Dan untuk jalan-jalan dan lalu lintasnya saya kira kita koordinasikan dengan Dinas Perhubungan, Pemda, dan Korlantas. Kemarin ketika ditinjau presiden, perjalanan dari Kemayoran ke GBK masih lebih dari 30 menit. Kalau standar OCA kan maksimal 30 menit dari kampung atlet ke venue. Makanya ada usulan diliburkan sekolah untuk mengurangi kemacetan," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Waktu tempuh dari perkampungan atlet atau athelete village Kemayoran menuju Gelora Bung Karno (GBK) Senayan sebagai lokasi pertandingan, harus sesuai standar Olympic Council Of Asia (OCA) atau Dewan Olimpiade Asia. Karena itu rekayasa lalu lintas dibuat untuk mencegah kemacetan di sejumlah ruas jalan. Rencananya, jalur khusus akan dibuat untuk rombongan Asian Games 2018. Menurut Sekretaris Jenderal INASGOC, Eris Herryanto, setiap perkembangan persiapan selalu dikoordinasikan dengan Dewan Olimpiade Asia. 

"Tanggal 9 Mei nanti, kita ada rapat koordinasi (dengan Dewan Olimpiade Asia). Ada 11 poin yang kita siapkan. Contohnya soal bagaimana masalah visa, dan masalah akreditasi. Nanti kita sampaikan kesiapan kita," ujar Eris Herryanto selaku Sekjen INASGOC. 

Asian Games 2018 akan digelar 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta, Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung, seperti Lampung, dan Jawa Barat. Sebanyak 41 cabang olahraga akan dipertandingkan, terdiri dari 33 cabang olahraga olimpiade, dan 8 cabang olahraga non olimpiade.

Rekomendasi
Tutup